IMPLEMENTASI MODEL MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS HUMANISTIK PADA ERA PANDEMI DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

NUR MUHAMMAD HANIFAN, 12201183224 (2023) IMPLEMENTASI MODEL MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS HUMANISTIK PADA ERA PANDEMI DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan humanistik merupakan sebuah model pembelajaran yang menggunakan pendekatan humanis. Dalam pembelajaran humanistik, siswa dipandang sebagai individu yang utuh dan unik. Siswa mempunyai berbagai macam potensi dan kecerdasan. Pembelajaran pendidikan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia yakni menghargai dan mengembangkan potensi tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti penerapan pembelajaran humanistik di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Sekolah tersebut mampu menerapkan pendidikan humanistik dalam pelaksanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Model Model Pembelajaran PAI Berbasis Humanistik Pada Era Pandemi Di MTs AlMuslihuun. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Model Model Pembelajaran PAI Berbasis Humanistik Pada Era Pandemi Di MTs Al-Muslihuun. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Model Model Pembelajaran PAI Berbasis Humanistik Pada Era Pandemi Di MTs Al-Muslihuun. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan karena meneliti fenomena yang ada di lapangan atau masyarakat dan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif yakni penelitian yang berusaha menggambarkan, menginterprestasikan dan mendeskripsikan atau menjelaskan objek, peristiwa maupun kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian sesuai apa adanya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) perencanaan konsep pembelajaran humanistik di MTs Al-Muslihuun Tlogo adalah pembelajaran yang memanusiakan manusia yaitu yang menghargai, mengajari, dan membantu siswa untuk mengembangkan berbagai macam potensi yang dimiliki oleh siswa, hal tersebut direncanakan dengan menggunakan metode yakni penyusunan RPP daring, pelatihan pembuatan media belajar pada masa pandemi, penggunaan aplikasi Whatsapp, Google Drive, Google Form, Youtube, kunjungan kerumah siswa, dan pemetaan kelas. (2) pelaksanaan pembelajaran humanistik di MTs Al-Muslihuun Tlogo meliputi pembelajaran bersifat menyenangkan dan melibatkan siswa, peran siswa ketika kegiatan belajar mengajar adalah siswa terlibat aktif dan siswa merasaxv nyaman ketika proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan video singkat, kunjungan kerumah, pembentukan kelompok belajar, shifting, dan paket penugasan, faktor pendukung meliputi guru yang berkompeten, berkomitmen serta fasilitas yang baik, upaya mengatasi faktor penghambat adalah melakukan rapat rutin rutin dan meningkatkan kompetensi guru. (3) evaluasi dilaksanakan dengan memperhatikan aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Sistem evaluasi dan pengambilan nilai dilakukan ketika proses belajar sedang berlangsung atau setelah pembelajaran menggunakan aplikasi Google Form.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Covid-19
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pandemi
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183224 Nur Muhammad Hanifan
Date Deposited: 18 Apr 2023 06:59
Last Modified: 18 Apr 2023 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34360

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item