Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Studi Multisitus Di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Kec. Wonodadi Kab. Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar

Moh. Rois Abin, 2841124023 (2014) Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Studi Multisitus Di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Kec. Wonodadi Kab. Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. [ Thesis ]

[img] Text
Executive Sumary Rois Abin.doc

Download (561kB)
[img] Text
Curikulum Vitae Abin.doc

Download (65kB)
[img] Text
Abstrak.doc

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi Kabupaten Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar) ini ditulis oleh Mohammad Rois Abin dengan dibimbing oleh Prof. Dr.Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen Strategik, Peningkatan Mutu Pendidikan. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa Pendidikan harus dikelola dengan manajeman yang strategik agar dapat memilih di antara banyak manajemen yang baik untuk menghasilkan suatu manajemen yang paling baik untuk dikembangkan. Manajemen Strategik berbasis sekolah menurut Mulyasa adalah pemberian otonomi luas pada tingkat sekolah agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya sesuai dengan prioritas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap kebutuhan setempat. Jadi dengan kata lain bahwa kepala madrasah sebagai seorang manajer sekolah diberikan kewenangan sepenuhnya untuk bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada pada sekolah tersebut guna meningkatkan kualitas mutu sekolah yang dipimpinnya. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana perencanaan strategik di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi kabupaten Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar? (2) Bagaimana implementasi strategik yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Kab. Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar? (3) Bagaimana evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi kabupaten Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar.? Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Kunir kecamatan Wonodadi kabupaten Blitar dan Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi multisitus, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah penggolongan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Strategik, Perencanaan strategik dilakukan melakui beberapa kegiatan antara lain: pembentukan tim perumus, perumusan visi dan misi, analisis peluang, dan ancaman, rencana jangka panjang, rencana tahunan, peningkatan pembelajaran, membuka kelas Bilingual dan peningkatan mutu pendidik. Sedangkan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar perencanaan strategik dilakukan melalui kegiatan, pembentukan tim perumus visi dan misi, penentuan visi dan misi, analisis peluang, ancaman, hambatan dan alternatif pemecahan masalah, pengadaan Ma’had, membuka kelas Enricmant (pengayaan), peningkatan pembelajaran, serta peningkatan mutu pendidik. (2) Implemantasi Strategik, Implementasi strategik di Madrasah Aliyah Negeri Kunir Kabupaten Blitar dilakukan melalui: tim perumus terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala, dua guru dan komite madrasah, pembentukan tim perumus, perumusan visi dan misi, analisis peluang, dan ancaman dari lingkungan, rencana jangka panjang disusun untuk 4 tahun, rencana tahunan , peningkatan pembelajaran dengan efektif, tertip dan efisien, dan membuka kelas Bilingual, dengan didampingi tenaga profesional dari Lembaga Bimbingan Belajar dari Kampung Inggris “Mahesa” Pare Kediri. Peningkatan mutu pendidik dengan penyusunan perangkat mengajar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran tiap mata pelajaran dan workshop. Sedangkan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, dilakukan melalui: tim perumus terdiri dari kepala madrasah, semua wakil kepala, dua guru dan komite madrasah, visi dan misi berisi singkat dan padat, analisis peluang siswa banyak dari luar kota Blitar, ancaman, dali lingkungan, hambatan dan alternatif pemecahan masalah, pengadaan Ma’had, membuka kelas Enricmant (pengayaan), khusus jurusan Ilmu Pendidikan Agama, dan pengefektifan dalam belajar, disiplin dan tertib. Peningkatan Mutu pendidik dengan penyusunan perangkat mengajar, Musyawarah Guru Mata Pelajaran tiap mata pelajaran dan workshop. (3) Evaluasi Strategik, Evaluasi Strategik di Madrasah Aliyah Negeri Kunir dilakukan melalui: rapat dinas, rapat bersama kepala madrasah, komite, dan waka, rapat khusus kepala madrasah dan waka, rapat guru, karyawan, dan kepala madrasah, dan rapat kepanitiaan. Sedangkan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar dilakukan melalui: rapat dinas, rapat bersama kepala madrasah, komite, dan wakil kepala, rapat khusus kepala madrasah dan wakil kepala, rapat guru, karyawan, dan kepala madrasah, rapat serta rapat kegiatan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I 2841124023 Moh. Rois Abin
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:01
Last Modified: 04 Aug 2016 03:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item