IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTS NURUL IMAN TAWANGSARI GARUM BLITAR

ASMEIRILA MUDAROHMAH, 12201173231 (2023) IMPLEMENTASI METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTS NURUL IMAN TAWANGSARI GARUM BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Usmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar” ini ditulis oleh Asmeirila Mudarohmah, NIM. 12201173231, Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungaguang, yang dibimbing oleh Liatul Rohmah M.Pdi. Kata Kunci : Implementasi, Metode Usmani, Kemampuan Membaca AQur‟an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik di zaman sekarang dalam membaca Al-Qur‟an harus lebih ditingkatkan. Banyak para remaja yang belum bisa melafalkan ayat-ayat Al-Qur‟an sesuai dengan tajwid atau membaca dengan fasih. Dalam belajar membaca Al-Qur‟an sangat penting siapa guru yang mengajarkannya. Guru haruslah mendapatkan ilmu yang bersanad kepada Rasulullah. Sebab, kesalahan satu huruf dalam membaca Al-Qur‟an dapat merubah arti dari ayat Al-Qur‟an. Dalam metode usmani guru harulah sudah mengikuti pelatihan dan bersyahadah ilmu yang didapat sanadnya sampai kepada Rasulullah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar? (2) Bagaimana kelebihan implementasi metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar? (3) Bagaimana kekurangan implementasi metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca ALQur‟an di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan implementasi metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQur‟an pada siswa kelas VII MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar. (2) Untuk mengetahui kelebihan implementasi metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar. (3) Untuk mengetahui kekurangan implementasi metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII MTs Nurul Tawangsari Iman Garum Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Berdasarkan data yang terkumpul, selanjutnya ditempuh beberapa teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan pengecekan teman sejawat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode usmani dalam meningkatkan membaca Al-Qur‟an di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, diantaranya (a) Melakukan perencanaan sebelum mengajar di kelas, tahapan perencanaan terdiri beberapa konsep yang digunakan dalam pembelajaran AlQur‟an yang mengacu pada buku panduan PGPQ (Pendidikan Guru Pengajar AlQur‟an). (b) Proses pelaksanaan pembelajaran metode usmani, diawali dengan guru masuk kelas, kemudian guru dan santri membaca surat pendek dan doa, guru meminta siswa membuka jilid lalu guru mencontohkan cara membaca yang benar siswa mengikuti, kemudian siswa diminta untuk membaca perlembar bersamasama, disini guru hanya sebagai pembimbing, tidak menuntun siswa. Setelah itu guru dan siswa membaca doa sebelum pulang. (c) Evaluasi metode usmani dilaksanakan setiap kenaikan juz atau jilid. Evaluasi tersebut berbentuk tes lisan dengan acuan penilaian LBS (Lancar Benar Sempurna). 2) Kelebihan Metode Usmani dalam Meningkatkan Membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VII di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar diantaranya adanya pengenalan juz-juz yang terorganisi dengan baik sehingga kemampuan bacaan dan pelafalan tertata dengan baik, siswa mampu membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai makhirijul huruf dan tajwid yang benar. Siswa yang semangat dalam proses pembelajaran karena siswa harus membaca dengan suara yang keras secara bersama-sama. Guru metode usmani haruslah sudah bersyahadah yaitu sudah mengikuti pelatihan PGPQ yang nanti ilmunya bersanad kepada Rasulullah. 3) Kekurangan Pembelajaran Metode Usmani dalam Meningkatkan Membaca AlQur‟an pada Siswa Kelas VII Di MTs Nurul Iman Tawangsari Garum Blitar, diantaranya terkadang munculnya rasa malas atau jenuh pada diri anak ketika belajar membaca Al-Qur‟an. Kurangnya fasilitas yang mengharuskan menempatkan 30 siswa lebih dalam satu kelas menjadikan kurang efektif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd. 12201173231 ASMEIRILA MUDAROHMAH
Date Deposited: 15 Jun 2023 05:59
Last Modified: 15 Jun 2023 05:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item View Item