PENERAPAN KOLABORASI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG

ana roudlotul khusna, 2817123007 (2016) PENERAPAN KOLABORASI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD ISLAM SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul Luar Skripsi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Kolaborasi Metode Picture and Picture dengan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Roudlotul Khusna, NIM. 2817123007, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Picture and picture, talking stick, prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di sekolah dimana prestasi belajar IPA peserta didik yang relatif rendah dan keaktifan belajar peserta didik masih didominasi oleh sebagian peserta didik saja, serta penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick yang diharapkan pembelajaran IPA semakin menarik dan membantu peserta didik dalam memahami materi dan mengasah kemampuannya sehingga keaktifan belajar serta prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda peserta didik kelas IV SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung?, 2) Bagaimana peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda peserta didik kelas IV SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda peserta didik kelas IV SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung, 2) Untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick pada mata pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap gerak benda peserta didik kelas IV SD Islam Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick pada pembelajaran IPA dimulai dengan peserta didik mendengarkan materi pengantar dari guru kemudian peserta didik mengurutkan gambar secara logis dan mengutarakan alasan pengurutan gambar tersebut dilanjutkan penerapan metode talking stick dengan menggulirkan tongkat ke setiap peserta didik kemudian memberi pertanyaan kepada peserta didik yang memegang tongkat terakhir 2) Penerapan kolaborasi metode picture and picture dengan metode talking stick dapat meningkatan keaktifan peserta didik dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengamatan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran yaitu 74,65% pada siklus I meningkat menjadi 85,43% pada siklus II. Begitu juga dengan taraf keberhasilan aktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,15% menjadi 86,92% pada siklus II . Hal ini menunjukkan adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Selain itu, perubahan positif terhadap keaktifan peserta didik mempengaruhi peningkatan prestasi belajar peserta didik pada tes awal (pre test) nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 67 meningkat menjadi 78 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,06. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan persentase ketuntasan belajar 31,25% pada tes awal (pre test) setelah mendapat perlakuan pada siklus I ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 68,75%. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat lagi menjadi 94,12%. Dari ketuntasan belajar pada siklus II telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123007 Ana Roudlotul Khusna
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:38
Last Modified: 05 Aug 2016 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item