IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR

BINTI FARIDATUS SALIHAH, 2817123026 (2016) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL C0VER.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Binti Faridatus Salihah, NIM: 2817123026,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Muhamad Zaini, MA. Kata kunci : Identifikasi, Kesulitan Belajar, Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sering kali peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, terlebih pada mata pelajaran Matematika.Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik disebabkan oleh berbagai faktor.Kesulitan - kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik harus diketahui oleh guru mata pelajaran, kemudian mencari solusi yang tepat serta mengatasi kesulitan belajar tersebut agar tercapai tujuan pendidikan seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apa saja penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didik Kelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar ? 2) Apa saja bentukkesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didikKelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar ? 3) Upaya apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didikKelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didik Kelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar. 2) Untuk mendiskripsikan bentuk kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didik Kelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didikKelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar. Skripsi ini bermanfaatbagi guru Matematika kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam mengetahui kesulitan belajar dan mencari solusi untuk mengatasi kesulitan belajar. Bagi peserta didik kelas III MI Darussalam Wonodadi Blitar sebagai bahan renungan untuk memperbaiki belajarnya sehingga prestasi belajar meningkat. Bagi para peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MI Darussalam Wonodadi Blitar. Data yang peneliti dapatkan dariguru Matematika kelas III, kepala sekolah dan peserta didik Kelas III. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data bagaimana kompetensi guru, kegiatan pembelajaran guru dan keaktifan peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman peserta didik terhadap materi pembagian. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang peserta didik. Dokumentasidigunakan untuk memperoleh data tentang dokumen madrasah dan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam proses pembelajaran Matematika. Hasil penelitian: 1) Penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didik Kelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar yaitu faktor dari diri peserta didik itu sendiri (intern), faktor yang berasal dari lingkungan sekolah (ekstern) dan faktor dari guru. 2) Bentuk kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didikKelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar yaitu, belum memahami langkah – langkah penyelesaian pembagian, belum bisa membagi bilangan yang hasilnya lebih dari satu angka, belum bisa menyelesaikan pembagian bilangan yang tiga angka, peserta didik yang lambat dalam belajar, peserta didik yang hiperaktif, dan peserta didik yang mengalami gangguan tingkah laku. 3) Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika materi pembagian peserta didikKelas IIIMI Darussalam Wonodadi Blitar yaitu melakukan pendekatan secara individu, melakukan bimbingan, memberikan kebiasaan untuk menghafal perkalian, memotivasi peserta didik dan melakukan evaluasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123026 BINTI FARIDATUS SALIHAH
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:39
Last Modified: 05 Aug 2016 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item