STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 5 KEDIRI

AHMAD ANARUL HUDA, 12201183264 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
ABTRAK.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Abstrak Skripsi ini dengan judul Strategi guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MtsN 5 Kediri ini di tulis oleh Ahmad Anarul Huda nim 12201183264, pr0gam studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN), Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh: Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag Kata Kunci : Strategi, motivasi belajar, dan pembelajaran fiqih Penelitian ini dilatar belakangangi minimnya pengetahuan. Memasuki era globalisasi semakin ketat sehingga tidak langsung suatu bangsa dituntut untuk mempunyai sumberdaya manusia yang mempunyai kualitas yang tinggi, dimana daerah tersebut terdapat Pendidikan formal yaitu MTsN mengangkat suatu pembelajaran yang mampu memberikan motivasi peserta didik dapat mencapai tujuan yang dicita-citakan. Fokus masalah dalam penulis skripsi ini adalah: (1) Bagaimana persiapan guru fiqih dalam mengajar di MTsN 5 Kediri? (2) Bagaimana strategi yang digunakan oleh guru fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar intrinsic peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTsN 5 Kediri? (3) Bagaina strstegi guru fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik di MTsN 5 Kediri? (4) Bagaimana evaluasi pecapean guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas VII MTsN 5 Kediri? Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan persiapan, digunakan oleh guru fiqih dalam meningkatka motivasi intrinsic belalajar pelaksanaan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, serta evaluasi percapean guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 5 Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian derkritif. Adapun Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisisdata dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk memahami fenomena-fenomena tentang apa yang di alami oleh objek penelitian. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Persiapan guru fiqih dalam mengajar diawali dengan mebuat (RPP), guru mempersiapkan ruang materi, selajutnya dari materi yang sudah siap dibuat lantunan syair-syair nadhom, mempersiapkan madia pembelajaran, guru mempelajari materi pelajaran. Strategi yang belajar di MTsN 5 Kediri. (2) Strategi yang digunakan memberi motivasi intrinsik seperti: metode ceramah, diskusi, tanya jawab, materi dibuat nadhom, kerja kelompok. (3) Strategi untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik adalah guru memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti taman, gor, mushola, dan lapangan, (4) Evaluasi pecapean guru minat belajar di MTsN 5 Kediri yaitu evaluasi ini dilihat dari nilai-nilai yang sudah ada pada guru, untuk anak-anak yang tidak ada peningkatan biasanya didatangin kerumahnya (waktu daring), kedekatan lebih ke keluarga, sementara yang sudag normal bisa langsung di dala madrasah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183264 Ahmad Anarul Huda
Date Deposited: 02 May 2023 01:59
Last Modified: 02 May 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item View Item