PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MARGOMULYO WATULIMO TRENGGALEK

HEMI MARTA WULANDARI, 2817123073 (2016) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI MARGOMULYO WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
BAGIAN INTI-AKHIR (BAB I, II, II, IV&V).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Hemi Marta Wulandari, NIM. 2817123073, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Belajar, Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pembelajaran Matematika di MI Margomulyo Watulimo Trenggalek yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model contextual teaching and learning(CTL). Penerapan model contextual teaching and learning(CTL) dalam proses pembelajaran diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran Matematika, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui melalui model contextual teaching and learning (CTL) mata pelajaran matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek yang terdiri atas 11 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematikapeserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 60. Hasil Penelitian menunjukan telah terjadi peningkatan kemampuan kerjasama peserta didik mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus 1 dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosentase rata-rata 76,00% dan pada siklus 2 kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik sekali dengan prosentase rata-rata 92,00%. Kemudian juga terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kerjasama peserta didik pada siklus 1 dengan kriteria keberhasilan tindakan tergolong cukup dengan prosentase rata-rata 70,76% dan pada siklus 2 kriteria keberhasilan tindakan meningkat menjadi baik dengan prosentase rata-rata 89,23%. Dan telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 39,52 dengan prosentase ketuntasan 0%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 61,90 dengan prosentase ketuntasan 38,09% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,39 dengan prosentase ketuntasan 85,71%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V MI Margomulyo Watulimo Trenggalek tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: PGMI2016 2817123073 HemiMartaWulandari
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:25
Last Modified: 08 Aug 2016 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3485

Actions (login required)

View Item View Item