PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG

NANIK MAULUDAH, 3217113075 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
01. Sampul Luar 01.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Nanik Mauludah, NIM. 3217113075, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, pembimbing Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match,Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di SDI Al-Munawwar Tulungagung pada kelas IV, peserta didik sulit memahami konsep, khususnya Ilmu Pengetahuan Alam, sebagian besar peserta didik memiliki karakteristik kinestetis sehingga sering ramai dan membuat gaduh, masih ada nilai peserta didik yang di bawah Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan berorientasi dari permasalahan inilah peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan energi dan penggunaannya pada peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaannya peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung? (2) Apakah setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaannya peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung yang terdiri atas 18 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Peserta didik, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi energi dan penggunaanya. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 55,5 dengan prosentase ketuntasan 10%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai 72,16 dengan prosentase ketuntasan 63,3% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,83 dengan prosentase ketuntasan 93,3%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta didik Kelas IV SDI Al-Munawwar Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113075 NANIK MAULUDAH
Date Deposited: 08 Aug 2016 03:24
Last Modified: 08 Aug 2016 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item