MOCHAMAD AZZA DWI NANDA, 12201183140 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi akan pentingnya merumuskan strategi dalam pembelajaran Terlebih lagi pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang mana mata pelajaran tersebut banyak mengandung teori dan nilai-nilai kehidupan. Oleh karena itu, untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi efektif dan tidak membosankan, maka guru diharuskan untuk menggunakan strategi-strategi yang tepat saat mengajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi perencanaan guru akidah akhlak dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung (2) Bagaimana strategi pelaksanaan guru akidah akhlak dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung (3) Bagaimana evaluasi guru akidah akhlak dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Pendekatan yang dipakai pada penelitian ini yaitu jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta. Analisis datanya dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Adapun untuk pengecekan keabsahan data peneliti dengan memperpanjang waktu kehadiran, triangulasi, pembahasan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dalam menyusun perencanaan pembelajaran yaitu dengan melihat beberapa aspek, yakni melihat kondisi siswanya dan materi yang akan disampaikan serta menentukan tugas sesuai dengan tujuan. (2) Menggunakan metode yang sesuai materi dan kondisi siswa, kegiatan pendahuluan yang menyenangkan, memotivasi siswa, menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan dan menciptakan suasana kelas yang kondusif. (3) Menentukan strategi yang tepat dapat meminimalisir beberapa kendala ketika pembelajaran. Peserta didik yang melanggar peraturan harus diberikan sanksi yang setimpal, dan guru harus memotivasi siswanya yang bermalas-malasan suapaya dapat dengan mudah menerima materi yang diajarkan. Kata Kunci : Strategi, Guru, Akidah Akhlak, Efektivitas Pembelajaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183140 Mochamad Azza Dwi Nanda |
Date Deposited: | 03 May 2023 03:58 |
Last Modified: | 03 May 2023 03:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34877 |
Actions (login required)
View Item |