PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-GONTORY PADA MATERI TEMA “MANUSIA DAN LINGKUNGANKU”

AMAL FATMA HIDAYAH, 12205183334 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD ISLAM AL-GONTORY PADA MATERI TEMA “MANUSIA DAN LINGKUNGANKU”. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Islam Al-Gontory pada Materi Tema “Manusia dan Lingkunganku” ini ditulis Amal Fatma Hidayah, NIM 12205183334. Pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Minat Belajar, Hasil Belajar. Pembelajaran saat ini sering menggunakan metode dan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa bosan dan kurang berminat. Pembelajaran tematik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mengaitkan beberapa materi pelajaran. Dalam penerapannya, perlu menggunakan model pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif, berpikir kritis, kreatif, inovatif dan memecahkan masalah terutama pada pembelajaran Tematik. Model pembelajaran tersebut yaitu Problem Based Learning. PBL merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran dimana siswa dihadapkan pada masalah. Penerapan model pembelajaran ini mampu meningkatkan minat belajar siswa karena siswa lebih aktif, tertarik, dan tidak mudah bosan sehingga menjadikan hasil belajar siswa juga meningkat.Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar tematik pada siswa kelas V di SD Islam Al- Gontory. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Islam Al-Gontory berjumlah dua kelas dengan total sebanyak 54 siswa. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan sampling jenuh. Instrumen Penelitian adalah RPP, LKPD, Angket, dan Tes. Adapun teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat hipotesis, uji hipotesis, dan uji manova dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap Minat Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Islam Al- Gontory. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig (2-tailed) variabel minat kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,003 < 0,05. 2) Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Islam Al-Gontory. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig (2-tailed) variabel hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,003 < 0,05. 3) Model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh secara bersama-sama terhadap Minat dan Hasil Belajar Tematik pada Siswa Kelas V SD Islam Al- Gontory. Berdasarkan pengujian data diketahui nilai sig. 4 p-value adalah 0,000, artinya nilai sig. 4 p-value 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183334 AMAL FATMA HIDAYAH
Date Deposited: 04 May 2023 02:23
Last Modified: 04 May 2023 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/34955

Actions (login required)

View Item View Item