PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN

RIANI VERA NINGRUM, 12205193118 (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MIFTAHUL HUDA JATISARI KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Minat Baca terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan” ditulis oleh Riani Vera Ningrum, NIM. 12205193118, pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci : Minat Baca, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teori minat baca Slamet, yang mendefinisikan minat baca dengan suatu rasa suka dan rasa tertarik terhadap suatu mata pelajaran atau kegiatan pembelajaran tanpa adanya paksaan. Minat baca dipengaruhi oleh kesiapan mental, kesiapan fisik, kesiapan emosional dan kesiapan pengalaman. Selain itu, untuk mendukung meningkatnya minat baca siswa diperlukan pembelajaran aktif yang membuat siswa lebih positif tentang diri sendiri, baik dari segi perilaku, sikap, kebiasaan, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran aktif adalah sistem belajar mengajar yang menekankan aktivitas fisik, mental, intelektual, dan emosional siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal sebagai perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil belajar adalah sesuatu yang dicapai siswa setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan yang nantinya menjadi ukuran keberhasilan siswa. Namun demikian, minat baca masih harus ditingkatkan di sekolah agar pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat seperti di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan, yang menunjukkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2021/2022 menunjukkan 65% dari 32 siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang kemungkinan disebabkan rendahnya minat baca siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh secara signifikan minat baca terhadap keaktifan siswa kelas iv pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan? (2) Apakah ada pengaruh secara signifikan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan? (3) Apakah ada pengaruh secara signifikan minat baca terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas iv pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan?. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MI Miftahul Huda Jatisari Kademangan yang berjumlah 32 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji Independent Sample Test menunjukkan nilai signifikan 2- tailed sebesar 0,010 yang berarti nilai sig 0,010 < 0,05 karena signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap keaktifan belajar siswa di MI Miftahul huda Jatisari Kademangan. (2) uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikan 2- tailed sebesar 0,045 yang berarti nilai sig 0,045 < 0,05. Karena signifikansi < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di MI Miftahul huda Jatisari Kademangan. (3) uji Manova diperoleh nilai Sig. Corrected Model, Intercept, dan minat baca, karena nilai Sig. menunjukkan nilai 0,045 untuk hasil belajar dan 0,10 untuk keaktifan, artinya ada pengaruh yang signifikan antara minat baca terhadap keaktifan dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa di MI Miftahul huda Jatisari Kademangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193118 RIANI VERA NINGRUM
Date Deposited: 08 May 2023 01:52
Last Modified: 08 May 2023 01:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35090

Actions (login required)

View Item View Item