PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN TEAM GAME TOURNAMET (TGT) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 2 TULUNGAGUNG

FATMA DWI NUR BAITI, 12204193035 (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN TEAM GAME TOURNAMET (TGT) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Team Game Tournament (TGT) pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTsN 2 Tulngagung” ini ditulis oleh Fatma Dwi Nur Baiti, NIM, 12204193035, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Quantum Teaching, Team Game Tournament, Hasil Belajar Hasil belajar merupakan faktor yang sangat penting karena hasil belajar yang dicapai oleh siswa merupakan alat untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai materi pelajaran yang diajarkan. Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat, dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran yang masih terlalu didominasi peran guru (teacher centered). Guru lebih banyak menempatkan siswa sebagai objek dan bukan sebagai subjek didik. Penggunaan model pembelajaran konvensional juga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa, dan (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar model pembelajaran Quantum Teaching dan Team Game Tournament (TGT) serta besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Tulungagung dengan jumlah 352 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh siswa dari kelas VII B dan VII C yang berjumlah 64 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan uji t-test sampel tak bebas untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quatum Teaching dan Team Game Tournament, serta uji t-test sampel bebas untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa (2) ada pengaruh model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa dan (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara model pembelajaran Quantum Teaching dengan Team Game Tournament (TGT) pada materi aritmatika sosial kelas VII MTsN 2 Tulungagung. Besar pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching adalah 3,544 dan Team Game Tournament (TGT) sebesar 2,777.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: fatma dwi
Date Deposited: 08 May 2023 02:00
Last Modified: 08 May 2023 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35102

Actions (login required)

View Item View Item