HAMZAH IHYA ULUMUDIN, 12201173318 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (335kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
Abstract
Hamzah Ihya’ Ulumudin. 2021, Strategi Guru Akhidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa di MTsN 2 Tulungagung Tunggangri K. alidawir. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri,. Pembimbing Skripsi : Dr. H. Nur Efendi,.M.Ag Kata Kunci : Strategi Guru Akhidah Akhlak, Akhlakul Karimah Sebagaimana guru memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus di laksanakan, peranannya selain menstransfer ilmu kepada peserta didik yakni memilih strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa, mengarahkan, membimbing, melatih dan sebagai cerminan diri sendiri dari perilaku yang berbudi pekerti luhur bagi siswa siswinya. Karena untuk mencapai derajat tertinggi di sisi Allah harus beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dan orang yang beriman pasti baik pula aqlaknya, apabila aqlaknya buruk maka rusaklah lahir batinnya. Maka dari itu aqlak memiliki peran yang sangat penting bagi kesejahteraan hidup dan kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penerapan strategi guru aqidah aqlak dalam meningkatkan aqlakul karimah siswa di MTsN 2 Tunggangri kalidawir Tulungagung. ( 2 ) mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan aqlakul karimah di MTsN 2 Tunggangri kalidawir Tulungagung. ( 3) Mengetahui Solusi dari hambatan hambatan tersebut yang dilakukan guru aqidah aqlak dalam meningkatkan aqlakul karimah siswa di MTsN 2 Tunggangri kalidawir Tulungagung. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik. ( 1 ) Wawancara ( 2 ) observasi. ( 3 ) Dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan tiga tahap analisis yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan : ( 1 ) pertama, penerapan strategi ekspositori dengan penerapan metode ceramah, sedangkan strategi yang non akademik yaitu pembiasaan , metode uswah keteladanan, strategi prngawasan dan metode hukuman. ( 2 ) kedua , faktor pendukung dalam meningkatkan aqlakul karimah siswa di MTsN 2 Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah tempat musholla , buku paket, vis misi Madrasah berbagai keagamaan sosial. Adapun faktor penghambat adalah faktor lingkungan ( pergaulan ) sekitar, kurangnya kesadaran diri peserta didik pembinaan aqlak yang bertujuan meningkatkan aqlakul karimah siswa. ( 3 ) Solusi dari hambatan tersebut yang dilakukan guru aqidah aqlak dalam meningkatkan aqlakul karimah siswa di MTsN 2 Tunggangri Kalidawir Tulungagung adalah kerja sama antar sesama guru dan juga kedua orang tua dari siswa, memberi nasehat dan hukuman, memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan pemberian tugas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173318 HAMZAH IHYA ULUMUDIN |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:20 |
Last Modified: | 08 May 2023 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35112 |
Actions (login required)
View Item |