KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN SELISIH DUA SUDUT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG

MANSUR, 17204163249 (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PENJUMLAHAN DAN SELISIH DUA SUDUT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Penjumlahan dan Selisih Dua Sudut di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Mansur, NIM 17204163249, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Matematika, Memecahkan Masalah Literasi matematika merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis, merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan pemecahan masalah dalam berbagai konteks dunia nyata. Berdasarkan data PISA dan TIMSS, kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Beberapa peneliti juga membenarkan data tersebut melalui penelitiannya. Padahal kemampuan literasi matematika dapat digunakan untuk memahami peran dan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari serta membuat keputusan yang tepat sebagai individu abad 21 yang membangun, peduli, dan berpikir. Tetapi di sisi lain, Jablonka melalui penelitiannya menyatakan bahwa konteks soal yang digunakan untuk mengukur tingkat literasi matematika banyak yang kurang sesuai dengan konteks Indonesia. Sehingga perlu adanya pengukuran tingkat literasi matematika dengan konteks lokal Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam memecahkan masalah penjumlahan dan selisih dua sudut di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Sedangkan tahap analisis data yang digunakan yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dua dari enam responden dalam penelitian ini memiliki kemampuan literasi matematika.tinggi dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan selisih dua sudut. Dua siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika tersebut adalah siswa yang memiliki latar belakang nilai harian matematika tinggi sekaligus aktif dalam Olimpiade Training Center (OTC). 2) Satu dari enam responden dalam penelitian ini memiliki kemampuan literasi matematika.sedang dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan selisih dua sudut. 3) Tiga dari enam responden dalam penelitian ini memiliki kemampuan literasi matematika.yang rendah dalam menyelesaikan masalah penjumlahan dan selisih dua sudut. Hal ini karena mereka masih belum terbiasa dengan soal-soal atau permasalahan yang membutuhkan penalaran tinggi, pemikiran logis dan solusi aplikatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163249 Mansur
Date Deposited: 08 May 2023 08:48
Last Modified: 08 May 2023 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35120

Actions (login required)

View Item View Item