ISMA ATUN NISAK, 12201183099 (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN KETERTARIKAN BELAJAR AL-QUR'AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (809kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Ketertarikan Belajar Al-Qur’an Hadits Peserta Didik di MTsN 2 Tulungagung” ditulis oleh Isma Atun Nisak, NIM. 12201183099, selaku mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: kompetensi pedagogik guru, ketertarikan belajar, Al-Qur’an Hadits Kompetensi Pedagogik guru merupakan kemampuan seorang guru dalam mengekspresikan serta mewujudkan potensi daya berpikirnya untuk mengelola proses pembelajaran guna menunjang perubahan untuk peserta didik yang meliputi pengelolaan proses pembelajaran, pemahaman landasan kependidikan, memahami karakter peserta didik, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi, evaluasi pembelajaran dan pengaktualisasian pontensi yang dimiliki peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTsN 2 Tulungagung. 2) Mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam mengondisikan suasana belajar untuk meningkatkan ketertarikan belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTsN 2 Tulungagung. 3) Mendiskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik di MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, tringulasi. Hasil penelitian pertama kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan metode pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits a) metode ceramah dikombinasikan dengan tanya jawab, b) metode jibril, c) metode kisah, d) metode game atau bermain, e) metode diskusi. Kedua kompetensi pedagogik guru dalam mengondisikan suasana belajar untuk meningkatkan ketertarikan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits a)memperhatikan gaya mengajar, b) menciptakan kondisi kelas yang aktif, c) memperhatikan kesiapan dalam mengajar guru dan kesiapan belajar siswa, d) pemberian reward. Ketiga kompetensi pedagogik guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan ketertarikan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits a) LCD proyektor, b) LKS dan buku paket al-qur’an hadits, c) modul.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183099 Isma Atun Nisak |
Date Deposited: | 08 May 2023 02:55 |
Last Modified: | 08 May 2023 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35125 |
Actions (login required)
View Item |