SITI HUWAYDAH, 1724143229 (2023) BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRIGONOMETRI DI KELAS X APK SMK PERWARI BERDASARKAN GAYA BELAJAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (415kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Gaya Belajar, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena dimana siswa masih kurang kritis dalam menyelesaikan suatu masalah dalam pelajaran matematika. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan pelajaran matematika yaitu sebagai melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Sehingga berpikir kritis dalam pembelajaran matematika harus ada agar siswa mampu menyelesaikan suatu masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa memiliki gaya tersendiri dalam mempelajari sesuatu. Penting bagi guru untuk mengetahui hal tersebut. Dengan tujuan siswa mampu menerima materi yang disampaikan guru dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dengan gaya belajar auditory dalam menyelesaikan masalah trigonometri, (2) mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah trigonometri, (3) mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah trigonometri. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini dari kelas X APK SMK Perwari Tulungagung. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar auditory mampu memenuhi 2 indikator berpikir kritis, yaitu: (1) kemampuan dalam memberikan penjelasan sederhana; dan (2) Kemampuan dalam memberikan penjelasan secara lanjut. Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis aitu: (1) kemampuan dalam memberikan penjelasan sederhana; (2) Kemampuan dalam memberikan penjelasan secara lanjut; (3) Kemampuan mengatur taktik dan strategi; dan (4) Kemampuan menyimpulkan dan mengevaluasi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 indikator berpikir kritis, yaitu: (1) kemampuan dalam memberikan penjelasan sederhana; (2) Kemampuan dalam memberikan penjelasan secara lanjut; dan (3) Kemampuan mengatur taktik dan strategi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 1724143229 SITI HUWAYDAH |
Date Deposited: | 09 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 09 May 2023 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35153 |
Actions (login required)
View Item |