PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDN I BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK

Ika Nurgayatri, 2817123077 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III SDN I BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
halman depan.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar rujukan.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Ika Nurgayatri, NIM 2817123077, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Prestasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek yang prestasi belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran IPA, sehingga prestasi belajar IPA dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan pelestariannya pada kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan pelestariannya pada kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kerjasama peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan peletariannya pada kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek. (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dan pelestariannya pada kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara,, dokumentasi, dan catatan lapangan. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA peserta didik kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek. Sedangkan observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata tes akhir siklus I adalah 69,12 (68,75%), sedangakan pada tes akhir siklus II adalah76,37 (87,5%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas III SDN I Bendorejo Pogalan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd.I 2817123077 IKA NURGAYATRI
Date Deposited: 06 Feb 2017 06:53
Last Modified: 06 Feb 2017 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3525

Actions (login required)

View Item View Item