STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung)

ERICHA LINDA DEWI, 12201193165 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. (Studi Kasus Di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung)”, ditulis oleh Ericha Linda Dewi, NIM. 12201193165, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Meningkatkan Minat Belajar Penelitian ini membahas terkait dengan meningkatkan minat belajar peserta didik melalui strategi pembelajaran guru PAI yang dilakukan di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung. Dilatarbelakangi oleh pengaruh pembelajaran daring bagi peserta didik, yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap minat belajar. Minat menjadi salah satu faktor pendorong peserta didik dalam belajar dan sangat penting untuk keberhasilan belajarnya. Dimana minat dapat didasari atas ketertarikan, rasa suka, dan senang selama pembelajaran, sehingga peserta didik memiliki keinginan untuk belajar. Dengan begitu, dapat memudahkan peserta didik memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, melalui strategi pembelajaran akan membantu guru PAI dalam meningkatkan minat belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Fokus dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung yang berkaitan dengan strategi pembelajaran guru PAI. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik. Dalam pelaksanaan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, serta triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian skripsi ini meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik melalui (a) Pembuatan perangkat pembelajaran berupa RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), (b) Strategi yang digunakan adalah strategi Inkuiri, (c) Metode yang digunakan metode ceramah yang dikolaborasikan dengan metode diskusi kelompok, (d) Penilaian yang dilakukan selama proses pembelajaran diambil dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. (2) Pelaksanaan pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dengan 1) Menerapkan RPP yang dibuat, 2) Melalui tiga tahap kegiatan yaitu (a) Pendahuluan: Mengucapkan salam dan berdoa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, literasi selama 15 menit, absensi dan apersepsi, membuat kesepakatan belajar dengan peserta didik, (b) Kegiatan Inti: Menyampaikan materi dengan metode ceramah dan diselingi gurauan, mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari, menyelipkan permainan dengan metode diskusi kelompok kecil dan menggunakan media yang ada, mengajak peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran, guru memberikan tugas kepada peserta didik. (c) Penutup: Membuat kesimpulan pelajaran, memberikan refleksi atau tindak lanjut, menyampaikan tema pelajaran selanjutnya, dan diakhiri dengan salam. (3) Evaluasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yaitu: (a) Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh guru PAI sendiri dan berkomunikasi dengan guru lain atau kepala sekolah, (b) Evaluasi pembelajaran dilihat dari prosesnya (pelaksanaan pembelajaran), (c) Hasil evaluasi pembelajaran digunakan untuk memperbaiki program pembelajaran kedepannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193165 ERICHA LINDA DEWI
Date Deposited: 16 May 2023 03:27
Last Modified: 16 May 2023 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35250

Actions (login required)

View Item View Item