SITI MAKFUATUL MASFIYAH, 12204173026 (2023) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN QUANTITY DI KELAS VIII B SMP TERPADU AL ANWAR TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Quantity di Kelas VIII B SMP Terpadu Al Anwar Trenggalek” ini ditulis oleh Siti Makfuatul Masfiyah, NIM. 12204173026, Pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematika, PISA, Quantity Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi matematika dalam membantu seseorang untuk mendeskripsikan dan memprediksi fenomena, sedangkan hasil PISA khususnya pada konten quantity menunjukkan capaian Indonesia masih berada pada level bawah dibandingkan dengan negara partisipan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity di kelas VIII B SMP Terpadu Al Anwar Trenggalek, 2) untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity di kelas VIII B SMP Terpadu Al Anwar Trenggalek. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes dan wawancara dilakukan untuk mengetahui level kemampuan literasi matematika dan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten quantity. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII B SMP Terpadu Al Anwar Trenggalek, kemudian memilih 5 orang siswa perwakilan setiap level kemampuan literasi matematika. Analisis data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan : 1) capaian kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII B SMP Terpadu Al Anwar Trenggalek berada pada level 1 sampai level 5 dan tidak ada siswa yang mencapai level 6, 2) Kesalahan pada tahap memahami: siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, siswa menuliskan apa yang diketahui dalam soal tetapi tidak lengkap, siswa menuliskan apa yang diketahui dalam soal namun siswa tidak mampu melanjutkan ke proses penyelesaian. Kesalahan pada tahap transformasi: siswa tidak menuliskan rumus yang digunakan, siswa tidak mengetahui operasi hitung apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah dalam soal. Kesalahan pada tahap keterampilan proses: siswa melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya, siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan, siswa tidak menuliskan proses penyelesaian, siswa tidak melanjutkan proses penyelesaian. Kesalahan pada tahap jawaban akhir: siswa tidak menuliskan jawaban akhir, siswa menuliskan jawaban akhir namun tidak tepat. Dari keempat jenis kesalahan tersebut, kesalahan pada tahap jawaban akhir paling banyak dilakukan oleh siswa kelas VIII B.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Masfiyah Siti Makfuatul |
Date Deposited: | 17 May 2023 02:16 |
Last Modified: | 17 May 2023 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35305 |
Actions (login required)
View Item |