RIVANA NOVI RAMADHANI, 12207193001 (2023) MANAJEMEN SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (594kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sistem Kredit Semester (SKS) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 1 Tulungagung” ditulis oleh Rivana Novi Ramadhani, NIM. 12207193001, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahamatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I.Kata kunci: Manajemen, Sistem Kredit Semester (SKS), Prestasi belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah peristiwa kemajemukan peserta didik yang harus dilayani dengan baik. Peserta didik sebagai individual yang unik memiliki bakat, minat, kemampuan, dan gaya belajar yang berbeda antara satu dengan yang lain. Setiap peserta didik harus mendapat layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya. Hadirnya pola pembelajaran yang bercirikan Sistem Kredit Semester (SKS) memberikan kebebasan pada peserta didik dalam memilih beban belajar dan mata pelajaran yang diminati sesuai dengan minat, potensi, kecepatan dan kebutuhan yang bermacam-macam. MAN 1 Tulungagung salah satunya Madrasah Aliyah di Tulungagung yang memberikan layanan pendidikan dengan sistem penyelenggaraan pendidikan yang memperhatikan tingkat kecepatan dan kesanggupan belajar peserta didik yang dikenal dengan istilah Sistem Kredit Semester (SKS). Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung?, (2) Bagaimana pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung?, (3) Bagaimana evaluasi Sistem Kredit Semester (SKS) dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MAN 1 Tulungagung?.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa (1) observasi non-partisipan, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkahlangkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Tulungagung sudah dipersiapkan dengan matang melalui rapat untuk melakukan perencanaan dan persiapan program Sistem Kredit Semester (SKS), baik oleh kepala madrasah dan guru, melakukan sosialisasi Sistem Kredit Semester (SKS) kepada orang tua peserta didik, serta melakukan penjaringan peserta didik yang unggul di bidang akademik dan dimasukkan ke dalam kelas prediksi; (2) pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Tulungagung sudah dilaksanakan dengan baik. Madrasah dalam melaksanakannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku, madrasah menetapkan beban belajar dan struktur kurikulum sesuai dengan pedoman yang ada, madrasah dalam menentukan rombongan belajar peserta didik pada semester 2 sesuai dengan kalender tipe A dan tipe B, dan madrasah dalam menentukan peminatan peserta didik sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAI.; (3) evaluasi Sistem Kredit Semester (SKS) di MAN 1 Tulungagung ada 2 macam yakni evaluasi lembaga dan evaluasi pada peserta didik. Evaluasi lembaga terkait mengevaluasi Sistem Kredit Semester (SKS), mengevaluasi kinerja kemarin, menyusun program kerja yang akan datang, dan lain sebagainya. Sedangkan evaluasi pada peserta didik melalui sistem penilaian. Jika didapati nilai jelek maka dilakukan pendampingan PA (Pembimbing Akademik) dan BK (Bimbingan Konseling).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Manajemen > Pendidikan Islam Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 12207193001 RIVANA NOVI RAMADHANI |
Date Deposited: | 19 May 2023 02:34 |
Last Modified: | 19 May 2023 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35332 |
Actions (login required)
View Item |