UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTsN 8 BLITAR

HANDHITA RESTIVAN HARNI, 17201163154 (2023) UPAYA GURU PAI DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MTsN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Membentuk Kedisiplinan dan Kepribadian Peserta Didik di MTsN 8 Blitar” ini ditulis oleh HANDHITA RESTIVAN HARNI, NIM. 17201163154, pembimbing Prof.Dr.H. Imam Fu’adi,M.Ag. Kata Kunci: Upaya Guru, Kedisiplinan dan Kepribadian. Penelitian dilatar belakangi oleh pembiasaan berupa berjabat tangan guru dan peserta didik saat masuk dari pintu gerbang hal ini juga untuk memantau kedisiplinan ketika masuk kelas tepat waktu dan kelengkapan seragam denagn sopan dan rapi. Hal ini secara otomatis dapat membentuk kedisplinan dan kepribadian peserta didik yang kompoten dan berkualitas dalam kehidupannya. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 8 Blitar?, (2) bagaimana upaya guru PAI dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 8 Blitar?, (3) bagaimana hambatan peran guru PAI dalam membentuk prilaku kedisiplinan dan kepribadian peserta didik di MTsN 8 Blitar? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk kedisiplinan peserta didik di MTsN 8 Blitar, (2) untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam membentuk kepribadian peserta didik di MTsN 8 Blitar, (3) untuk mendeskripsikan hambatan guru PAI dalam membentuk prilaku kedisiplinan dan kepribadian peserta didik di MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan deskripsi. Sumber data yang digunakan adalah person, place dan paper. Untuk teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) Upaya guru PAI dalam membentuk kedisiplinan peserta didik dengan melakukan pembiasaan kepada peserta didik dan bekerja sama dengan guru lainya agar dapat optimal dalam menangani peserta didik yang telah melanggar, (2) Upaya guru PAI dalam membentuk kepribadian peserta didik memberikan contoh yang baik kepada peserta didik, memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik, (3) Hambatan peran guru PAI dalam membentuk kedisiplinan dan kepribadian peserta didik kurangnya pengawasan dan bimbingan kepada peserta didik di rumah, kecenderungan meniru tokoh idolanya. Cara mengatasi hambatan dengan menjalin komunikasi efektif pihak madrasah dengan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163154 HANDHITA RESTIVAN HARNI
Date Deposited: 13 Jun 2023 01:38
Last Modified: 13 Jun 2023 01:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35401

Actions (login required)

View Item View Item