PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL ‘ULUM DAYU 01 NGLEGOK BLITAR

EKA NURDITA ROKHMANAH, 2817123046 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS V MI HIDAYATUL ‘ULUM DAYU 01 NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN-AWAL.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR-RUJUKAN.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar” ini ditulis oleh Eka Nurdita Rokhmanah dan dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar terhadap mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.Selain itu, rendahnya hasil belajar peserta didik juga disebabkan karena dalam penyampaian materi pembelajaran,guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional,seperti ceramah dan pemberian tugas.Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Kenampakan Alam dan Buatan serta Pembagian Wilayah waktu di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar tahun ajaran 2015/2016 ? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendiskripsikan penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar tahun ajaran 2015/2016. (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia pada peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pelaksanaan penelitian ini meliputi: 1) tahap perencanan (planning), 2) tahap pelaksanaan (acting), 3) tahap observasi (observing), dan 4) tahap refleksi (reflecting). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,observasi,wawancara,dokumentasi dan catatan lapangan. 1) Peneliti menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok agar peserta didik lebih aktif dan memahami materi kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawterdiri dari 2 siklus. Sebelum melakukan tindakan, peneliti memberikan soal pre test untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman peserta didik. Kegiatan pembelajaran dengan tipe jigsaw dilakukan dengan Pembentukan kelompok asal, Pembelajaran pada kelompok asal, Pembentukan kelompok ahli, Diskusi kelompok ahli, Diskusi kelompok asal, Diskusi kelas, kuis, dan pemberian soal post test. 2) Peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar pada pokok bahasan kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil pre test yang semula 52,22 meningkat pada siklus 1 menjadi 80,27 dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 85,55.Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 27,77% pada pre test,meningkat pada siklus I menjadi 72,22% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 88,88%. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Hidayatul ‘Ulum Dayu 01 Nglegok Blitar tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123046 EKA NURDITA ROKHMANAH
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:17
Last Modified: 17 Jan 2017 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3544

Actions (login required)

View Item View Item