ROSSA SILVIANY, 12401193037 (2023) STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG TRADE CENTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERBANKAN. [ Skripsi ]
Text
STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG TRADE CENTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERBANKAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan BSI KCP Tulungagung dalam memenangkan pasar industri perbankan di tengah banyaknya industri perbankan lain disekitarnya dengan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Treacy dan Wiersema yakni Value Discipline dengan tiga poin utama diantaranya: Operational Excellence, Customer Intimacy, dan Product Leadership. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan dari pihak pegawai BSI KCP Tulungagung Trade Center meliputi Pimpinan, Customer Service, dan Consumer Bussines Staff, dan 3 nasabah. Selain itu, penelitian ini juga didukung dengan sumber data sekunder dari jurnal, studi terdahulu, dan Laporan Keuangan Tahunan BSI tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Value Discipline yang diterapkan oleh BSI KCP Tulungagung Trade Center diantaranya, Operational Excellence meliputi penyediaan produk dari tabungan hingga pembiayaan sesuai dengan kebutuhan nasabah, layanan yang andal dengan memberikan solusi terbaik dari masalah keuangan nasabah, dan bersaing dengan harga kompetitif dari margin 2,22% dan bagi hasil hingga 25%, serta menghindari masalah dengan nasabah karena memberikan pelayanan sesuai SOP. Kedua, Product Leadership meliputi menawarkan produk dengan cross selling dan senantiasa berinovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Ketiga adalah Customer Intimacy. Strategi ini meliputi dua jenis yakni Tangible (berwujud) dan Intangible (tidak berwujud) yang dilaksanakan guna menjalin hubungan erat dengan nasabah. BSI KCP Tulungagung Trade Center memfokuskan satu disiplin nilai yaitu Customer Intimacy karena nasabah merupakan faktor utama dari kesuksesan sebuah bank
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Akad Ekonomi > Bagi Hasil Ekonomi > Bank Syariah Ekonomi > Bunga Bank Ekonomi > Gadai Ekonomi > Investasi Kepemimpinan Keuangan Islam Ekonomi > Kinerja Ekonomi > Kinerja Keuangan Kinerja Pegawai Ekonomi > Laporan Keuangan Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Mudharabah Ekonomi > Murabahah Ekonomi > Musyarakah Ekonomi > Nasabah Ekonomi > Pasar Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Pembiayaan Ekonomi > Promosi Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > Uang |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | 12401193037 Rossa Silviany |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:07 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35482 |
Actions (login required)
View Item |