STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG TRADE CENTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERBANKAN

ROSSA SILVIANY, 12401193037 (2023) STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG TRADE CENTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERBANKAN. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TULUNGAGUNG TRADE CENTER DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERBANKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1919

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan BSI KCP Tulungagung dalam memenangkan pasar industri perbankan di tengah banyaknya industri perbankan lain disekitarnya dengan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Treacy dan Wiersema yakni Value Discipline dengan tiga poin utama diantaranya: Operational Excellence, Customer Intimacy, dan Product Leadership. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan dari pihak pegawai BSI KCP Tulungagung Trade Center meliputi Pimpinan, Customer Service, dan Consumer Bussines Staff, dan 3 nasabah. Selain itu, penelitian ini juga didukung dengan sumber data sekunder dari jurnal, studi terdahulu, dan Laporan Keuangan Tahunan BSI tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Value Discipline yang diterapkan oleh BSI KCP Tulungagung Trade Center diantaranya, Operational Excellence meliputi penyediaan produk dari tabungan hingga pembiayaan sesuai dengan kebutuhan nasabah, layanan yang andal dengan memberikan solusi terbaik dari masalah keuangan nasabah, dan bersaing dengan harga kompetitif dari margin 2,22% dan bagi hasil hingga 25%, serta menghindari masalah dengan nasabah karena memberikan pelayanan sesuai SOP. Kedua, Product Leadership meliputi menawarkan produk dengan cross selling dan senantiasa berinovasi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Ketiga adalah Customer Intimacy. Strategi ini meliputi dua jenis yakni Tangible (berwujud) dan Intangible (tidak berwujud) yang dilaksanakan guna menjalin hubungan erat dengan nasabah. BSI KCP Tulungagung Trade Center memfokuskan satu disiplin nilai yaitu Customer Intimacy karena nasabah merupakan faktor utama dari kesuksesan sebuah bank

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Ekonomi > Bagi Hasil
Ekonomi > Bank Syariah
Ekonomi > Bunga Bank
Ekonomi > Gadai
Ekonomi > Investasi
Kepemimpinan
Keuangan Islam
Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Kinerja Pegawai
Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Mudharabah
Ekonomi > Murabahah
Ekonomi > Musyarakah
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Pasar
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Promosi
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Uang
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193037 Rossa Silviany
Date Deposited: 22 May 2023 02:07
Last Modified: 22 May 2023 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35482

Actions (login required)

View Item View Item