MUHAMMAD ILHAM FAIZIN, 12201183342 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTsN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa MTs Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ilham Faizin, NIM. 12201183342, pembimbing Dr.Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomana dalam kegiatan belajar mengajar, bahwa peran guru akidah akhlak sangatlah penting dalam membentuk karakter religius siswanya. Di lihat dari siswa pada zaman sekarang tentunya memiliki karakter yang berbeda-beda. Terdapat siswa yang berperilaku baik dan sopan santun ketika diajar oleh guru. Namun, juga ada siswa yang kurang sopan dalam kegiatan pembelajaran seperti tidak menjawab salam. Maka, Guru Akidah Akhlak wajib memberikan arahan dan berperan dalam membentuk karakter religus siswa di MTs Negeri 4 Tulungagung. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai supervisor dalam mengembangkan sikap religius siswa MTs Negeri 4 Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebaga motivator dalam mengembangkan sikap religius siswa MTs Negeri 4 Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai transmitor dalam mengembangkan sikap religius siswa MTs Negeri 4 Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi penelitian, dan dokumentasi. Analisi data digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Peneliti menggunakan tringulasi metode dan tringulasi sumber. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai supervisor yaitu melalui pembiasan karakter religius dan diadakannya kegiatan keaagamaan. Guru memberikan bimbingan tentang sopan santun terhadap siswa dan dikaitkan dengan mater pelajaran. Untuk mendidik siswa yang kurang baik guru menanyai permasalahn yang dihadapi oleh siswanya. (2). Peran guru akidah akhlak sebagai transmitor dengan menjaga sikap dan selalu berkarakter religius. Bentuk keteladan yang dilakukan oleh guru yaitu dengan menjadi imam sholat dhuhur, berinfaq, dan selalu berpakaian rapi ketika di kelas. Selain itu, dalam penyampaian materi, guru akidah akhlak menggunakan kata yang lembut dan sopan. (3). Peran guru akidah akhlak sebagai mtivator yaitu ketika memulai kegiatan pembelajaran. Dalam menghadapi siswa yang kurang motivasi, guru memberikan saran dan solusi terhadap siswa. Bentuk motivasi guru akidah akhlak adalah dengan adanya prestasi yang guru dapatkan dan selalu memberi motivasi agar siswa melanjutkan ke sekolah yang siswa inginkan, motivasi yang lain yaitu dengan adanya kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183342 MUHAMMAD ILHAM FAIZIN |
Date Deposited: | 22 May 2023 08:15 |
Last Modified: | 22 May 2023 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35491 |
Actions (login required)
View Item |