ULIL FIKRI ASSOFI, 12207193043 (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (528kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (542kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul "Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung", ini ditulis oleh Ulil Fikri Assofi, NIM. 12207193043, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bpk. Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru. Penelitian ini membahas mengenai peran seorang kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, hal tersebut dilatar belakangi oleh pentingnya profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibanya, dikarenakan keberhasilan sebuah lembaga dalam menyelenggarakan pendidikan dan mewujudkan tujuan sekolah tidak terlepas dari sikap profesionalisme seorang guru. Sehingga peran kepala sekolah diharapkan dapat meningkatkan tingkat profesionalisme guru, yaitu menjadi guru yang berkualitas dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Hal inilah yang mengantarkan peneliti kepada judul. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung?. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung, (2) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung, (3) Untuk memaparkan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, Metode pengumpulan data yang digunakan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diperoleh peneliti dari data primer yaitu data yang berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana serta guru, kemudian juga dari data sekunder yaitu dokumen, catatan yang berkaitan dengan penelitian. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas dan uji konfirmabilitas. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) tahap pra-lapangan, (2) tahap pekerjaan lapangan, (3) tahap analisis data, dan (4) tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung dalam rangka meningkatkan profesionalisme para guru menggunakan beberapa strategi yaitu sebagai berikut : (1) peran kepala sekolah sebagai manajer yaitu dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen diantaranya (a) perencanaan dilakukan kepala sekolah sebelum melaksanakan program kerja, yang dibahas melalui rapat awal tahun ajaran baru dan awal bulan, (b) pengorganisasian dilakukan sesuai dengan stuktur organisasi, (c) pelaksanaan yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan para guru, memberi petunjuk dan informasi mengenai tugas yang diemban guru, mengadakan kegiatan IHT (In House Training) dan penanaman kedisiplinan, (d) pengawasan dilakukan melalui evaluasi pada tiap rapat akhir tahun ajaran, akhir semester, dan tiap bulan. (2) peran kepala sekolah sebagai motivator dilakukan dengan pemberian contoh secara langsung, pemberian motivasi diforum formal maupun non-formal kepada guru, peningkatan keterampilan dan keahlian, dan pemberian kesejahteraan guru (3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dengan menggunakan dua cara yaitu pengawasan secara langsung dan tidak langsung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Kinerja Pegawai Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193043 Ulil Fikri Assofi |
Date Deposited: | 22 May 2023 07:15 |
Last Modified: | 22 May 2023 07:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35517 |
Actions (login required)
View Item |