PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR ILMU TAJWID BERBASIS METODE DISCOVERY UNTUK SANTRI DINIYAH DI PONDOK PESANTREN QOMARUL HIDAYAH DESA NGLONGSOR TUGU TRENGGALEK

IMAM SAIFUDIN, 12506194032 (2021) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR ILMU TAJWID BERBASIS METODE DISCOVERY UNTUK SANTRI DINIYAH DI PONDOK PESANTREN QOMARUL HIDAYAH DESA NGLONGSOR TUGU TRENGGALEK. [ Thesis ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Sumber Belajar Ilmu Tajwid Berbasis Metode Discovery untuk Santri Diniyah di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Desa Nglongsor Tugu Trenggalek” ini ditulis oleh Imam Saifudin, NIM. 12506194032, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd dan Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan, Sumber Belajar, Discovery Latar belakang pada penelitian dimulai dari pentingnya sumber belajar yang memiliki peran sebagai komponen peningkatan hasil belajar peserta didik. Dari hasil observasi peneliti di Madrasah Diniyah PP. Qomarul Hidayah Tugu Trenggalek, dimana terjadi permasalahan pada hasil belajar peserta didik yang tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan yang menjadi masalah pada saat ujian datang mereka menjawab asal asalan. Terlihat dari minat peserta didik yang kurang karena saat proses pembelajaran berlangsung, walaupun diberi mata pelajaran tambahan dari bahan ajar yang disusun salah seorang ustad hanya ada sedikit peningkatan. Dari sedikit peningkatan inilah bisa diketahui terdapat pokok persoalan pada bahan ajar dan metode yang dipakai. Maka oleh sebab itu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik peneliti bermaksud mengembangkan sumber belajar dalam bentuk bahan ajar ilmu tajwid dari bahan ajar lama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana kelayakan hasil pengembangan sumber belajar ilmu tajwid berbasis metode discovery di Madrasah Diniyah PP. Qomarul Hidayah Desa Nglongsor Tugu Trenggalek?, 2) Bagaimana Efektifitas pengembangan sumber belajar ilmu tajwid berbasis metode discovery mampu meningkatkan hasil belajar santri terhadap ilmu tajwid di Madrasah Diniyah PP. Qomarul Hidayah Desa Nglongsor Tugu Trenggalek?. Adapun tujuanya yaitu; 1) Untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan sumber belajar ilmu tajwid berbasis metode discoveri di Madrasah Diniyah PP. Qomarul Hidayah Desa Nglongsor Tugu Trenggalek, 2) Untuk mengetahui keefektifan dan kelayakan pengembangan sumber belajar ilmu tajwid berbasis metode discovery meningkatkan hasil belajar santri di Madrasah Diniyah PP. Qomarul Hidayah Desa Nglongsor Tugu Trenggalek. Produk yang diharapkan dalam penelitian ini berupa bahan ajar berbasis discovery. Spesifikasi produk yang yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Bahan Ajar mata pelajaran Ilmu Tajwid, sasaran produk adalah para santri Madrasah Tsanawiyah Diniyah kelas 1 PP. Qomarul Hidayah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan jenis penelitian ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, Evaluasions). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini mengambil jenjang kelas I yaitu kelas 1 MTs Diniyah Sore dan kelas I MTs Diniyah Malam. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan uji normalitas dan hipotesis melalui uji t. Kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar ilmu tajwid berbasis metode discoveri yaitu; 1) Berdasarkan pendapat para ahli dan siswa berdasarkan hasil angket yang diperoleh yaitu angket dari ahli materi secara keseluruhan memperoleh persentase skor 83% masuk dalam kriteria sangat layak, hasil validasi dosen ahli media 95% masuk dalam kriteria sangat layak. Sedangkan respon siswa rata-rata keseluruhan mendapat persentase 84% masuk pada kriteria sangat layak, 2) Efektivitas produk dilihat dari hasil angket tes peserta sebagai bentuk hasil belajar siswa dan diketahui bahwa ada selisih lebih besar kelompok yang di ajar dengan bahan ajar baru dibanding yang diajar dengan bahan ajar lama yaitu perbandinganya dalam persentase penilaian yang ketuntasan 84% > 66%. Dengan hasil uji t dengan pernyataan kesimpulan t hitung lebih besar dibanding dengan t tabel yaitu 11,409 > 2,145.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 12506194032 Imam Hasanudin
Date Deposited: 23 May 2023 03:15
Last Modified: 23 May 2023 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35538

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item