MOH. HASAN FIRGHOL MUTTAQIEN, 12601195004 (2022) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multisitus di MAN 1 Kota Kediri dan MAN 5 Kediri). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Supervisi secara teoritis masih jauh diterapkan dengan kurang maksimal dikalangan pendidikan khususnya. Padahal supervisi memiliki peran penting terhadap guru dalam dunia pendidikan. Untuk mewujudkan profesionalitas guru dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari peran serta kepala sekolah, khususnya peran dalam bidang supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hal ini perlu dilakukan mengingat mutu pendidikan dan kualitas dalam pembelajaran merupakan aset yang utama. Tentunya untuk meningkatkan kinerja guru sangat dipengaruhi sekali adaya peran kepala madrasah sebagai supervisor melalui dengan mensupervisi para guru. Maka dari sini kemudian peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interviu, dengan key informan adalah kepala sekolah dan tambahan informan sebagai data pendukung, dukumentasi dan triangulasi. Kemudian menganalisis, uji keabsahan, data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dari dua lembaga ini dimulai MAN 1 Kota Kediri dan MAN 5 Kediri Dengan cara menyusun sebuah program bersama di awal tahun ajaran beserta guru. Pelaksanaaan supervisi sesuai dengan program yang telah disusun menggunakan beberapa pendekatan, model, teknik, dan tindak lanjut. Pelaksanaan dengan metode pendakatan terdapat pendekatan diretctif, nondirecktif, dan kolaboratif. Pelaksanaan supervisi melalui model, yaitu ilmiah, klinis, artistik, pembicaraan individual, dan kelompok. Pelaksanaan supervisi secara teknik terdapat perseorangan yang berkunjung ke kelas, observasi kelas percakapan pribadi, intervisitasi, menilai diri sendiri. Sedangkan pelaksanaan supervisi tindak lanjut, yaitu dengan adanya pembinaan langsung dan tidak langsung. Maka pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAN 1 Kota Kediri dan MAN 5 Kediri masih belum dilaksanakan secara maksimal. Kata Kunci: Supervisi Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Nafahatin |
Date Deposited: | 23 May 2023 01:45 |
Last Modified: | 23 May 2023 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35573 |
Actions (login required)
View Item |