ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

ULYA AYU SHAFIRA, 12204183220 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTsN 5 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Ulya Ayu Shafira, NIM. 12204183220, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Nur Cholis S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Gaya Belajar, Materi Perbandingan Kelas VII MTs Pembelajaran matematika sangat diperlukan karena terkait dengan pemahaman konsep pada siswa. Maka dari itu, pemahaman konsep merupakan salah satu aspek kebutuhan siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan untuk memahami konsep mempermudah siswa dalam memecahkan masalah karena siswa mampu menghubungkan dan menyelesaikan masalah ini melalui konsep. Karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam memahami materi. Salah satu yang mempengaruhi pemahaman materi tersebut adalah gaya belajar. Gaya belajar yang berbeda mengakibatkan perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Pada observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di MTsN 5 Tulungagung ditemui bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah. Dan didukung pula oleh hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di madrasah tersebut. Indikator yang peneliti gunakan pada penelitian ini adalah Taksonomi Solo, yaitu prastructural, unistructural, multistuctural, relational, dan extended abstract. Penelitian ini bertujuan untuk : a) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar visual di MTsN 5 Tulungagung, b) mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar read/write di MTsN 5 Tulungagung, c) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar auditori di MTsN 5 Tulungagung, d) mendeskripsikan pemahaman konsep siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung yang berjumlah 8 siswa terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 2 siswa dengan gaya belajar auditorial, 2 siswa dengan gaya belajar read/write, dan 2 siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : a) Pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan dengan gaya belajar visual di MTsN 5 Tulungagung berada pada level relational. b) Pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan dengan gaya belajar auditorial di MTsN 5 Tulungagung berada pada level multistructural dan relational, c) Pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan dengan gaya belajar read/write di MTsN 5 Tulungagung berada pada level unistructural dan relational, d) Pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi perbandingan dengan gaya belajar kinestetik di MTsN 5 Tulungagung berada pada level relational.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183220 Ulya Ayu Shafira
Date Deposited: 25 May 2023 04:10
Last Modified: 25 May 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35662

Actions (login required)

View Item View Item