PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

MONITA SARI, 12205183215 (2023) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pentingnya suatu kualitas pendidikan karena proses pembelajaran di sekolah merupakan aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam peningkatan kualitas pendidikan karena keberhasilan suatu tujuan pendidikan tergantung bagaimana proses pembelajaran yang di alami oleh peserta didik dimana hal tersebut diukur melalui tingkat prestasi peserta didik. Adapun salah satu factor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yaitu minat belajar. Sedangkan minat belajar sendiri juga dipengaruhi oleh beberapa factor termasuk keterampilan mengajar guru, factor tersebut bisa berpengaruh secara positif maupun negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru fiqih dalam proses pembelajaran, bagaimana minat belajar fiqih peserta didik dan adakah pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar fiqih pserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis penelitian causal-comparative. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Teknik random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Data angket yang angket yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi liear sederhana, uji signifikansi (uji-T), dan uji koefisien determinasi (R-2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran Fiqih di SDI Al-Munawwar Tulungagung, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 74 - 82 dengan skor 68%. Sedangkan minat belajar fiqih peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung berada pada kategori sedang juga, yaitu pada kelas interval 47 - 53 dengan skor 72%. Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar fiqih pserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana melalui program SPSS 26.0 for windows, yaitu diperoleh t hitung sebesar 14,155 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan N=47, yaitu 2,014. Dengan ketentuan jika t hitung > t tabel atau 14,155 > 2,014 (5%). Maka ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar fiqih pserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Monita Sari
Date Deposited: 25 May 2023 06:51
Last Modified: 25 May 2023 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35677

Actions (login required)

View Item View Item