SOPIYAH DALENG, 17210163107 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS EDITORIAL DI KELAS XII SMK NEGERI 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Teks Editorial di Kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Sopiyah Daleng, NIM. 17210163107, Pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I Kata Kunci: media daring, pembelajaran daring, pembelajaran bahasa Indonesia Pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2019 menyebabkan instansi pendidikan mengubah sistem pembelajaran yang mulanya tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan suatu kegiatan pembelajaran pendidikan yang dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan media pembelajaran. Guru dan siswa harus menguasai penggunaan media pembelajaran. Demikian juga pembelajaran dalam bahasa Indonesia diperlukan media yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu penelitian ini meneliti penggunaan media pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini memiliki dua pertanyaan penelitian yaitu, 1) apa saja media daring yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu?, 2) bagaimana kelebihan dan kekurangan media daring yang digunakan dalam pembelajaran daring bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menentukan jenis penggunaan media daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan 2) untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan media daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga teknik menganalisis data menurut model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, media daring yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMK Negeri 1 Boyolangu terdapat lima media yaitu, e-leaning, power point, zoom, google classroom, dan video. Dari media tersebut kelebihannya ialah memudahkan guru dalam penyampaian materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Sedangkan kekurangan media tersebut ialah kendala kuota dan gangguan sinyal yang mungkin terjadi saat pembelajaran daring.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163107 SOPIYAH DALENG |
Date Deposited: | 25 May 2023 07:37 |
Last Modified: | 25 May 2023 07:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35688 |
Actions (login required)
View Item |