SITI MUDALIVAH, 12201183176 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar pada materi Hidup tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqomah yang kurang maksimal diantara materi yang lainnya. Pendidik yang cenderung memberikan materi dengan metode ceramah menyebabkan proses pembelajaran kurang variatif dan kurang menarik. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menguji hasil belajar tersebut menggunakan media pembelajaran Quizizz di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut, Tulungagung? (2) berapa nilai signifikan pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut, Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang berjumlah 393 peserta didik. Teknik purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel 50 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, angket digunakan untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran quiziz, wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab rendahnya tingkat signifikan pada hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 2,241 > 2,068 dan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 (2) nilai signifikan pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung yaitu sebesar 0,030. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t independent sampel t test yang menyatakan bahwa 0,030 < 0,05 dinyatakan signifikan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pandemi Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Spd 12201183176 Siti Mudalivah |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:53 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35708 |
Actions (login required)
View Item |