PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

SITI MUDALIVAH, 12201183176 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar pada materi Hidup tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqomah yang kurang maksimal diantara materi yang lainnya. Pendidik yang cenderung memberikan materi dengan metode ceramah menyebabkan proses pembelajaran kurang variatif dan kurang menarik. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti bermaksud menguji hasil belajar tersebut menggunakan media pembelajaran Quizizz di SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut, Tulungagung? (2) berapa nilai signifikan pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Ngunut, Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung yang berjumlah 393 peserta didik. Teknik purposive sampling digunakan dalam teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel 50 peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, angket digunakan untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran quiziz, wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab rendahnya tingkat signifikan pada hasil belajar peserta didik, dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung = 2,241 > 2,068 dan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,030 < 0,05 (2) nilai signifikan pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMPN 1 Ngunut, Tulungagung yaitu sebesar 0,030. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t independent sampel t test yang menyatakan bahwa 0,030 < 0,05 dinyatakan signifikan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pandemi
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Spd 12201183176 Siti Mudalivah
Date Deposited: 31 May 2023 03:53
Last Modified: 31 May 2023 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35708

Actions (login required)

View Item View Item