PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR

SALMA HIDAYATUL KHUSNA, 12204193076 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs MA’ARIF NU KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya guru dalam menerapkan model pembelajaran di kelas dan penjelasan materi masih berpusat pada guru. Hal tersebut menyebabkan tidak berkembangnya kemampuan peserta didik. Think Talk Write (TTW) merupakan strategi pembelajaran yang dapat mengajak peserta didik untuk berfikir, berkomunikasi, dan mencoba mengungkapkan pendapatnya atau pemahamannya, serta menuliskan apa yang telah didapatkannya. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap minat belajar peserta didik kelas VII pada materi aritmetika sosial di MTs Ma’arif NU Kota Blitar Tahun Ajaran 2022/2023, (2) mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar Tahun Ajaran 2022/2023, dan (3) mengetahui besar pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian semu dan desain penelitiannya menggunakan Quasi Experimental Design berupa Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif NU Kota Blitar yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII-G dan kelas VII-H, adapun kelas VII-G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-H sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap minat belajar matematika peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Ma’arif NU Kota Blitar, (2) Ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar matematika peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Ma’arif NU Kota Blitar, dan (3) Besar pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Think Talk Write (TTW) terhadap minat dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi aritmetika sosial kelas VII di MTs Ma’arif NU Kota Blitar sebesar 0,728 dan 0,683. Berdasarkan kriteria effect size cohen’s dapat dikatakan bahwa besar pengaruh tergolong besar. Kata Kunci : Think Talk Write (TTW), Minat Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193076 SALMA HIDAYATUL KHUSNA
Date Deposited: 26 May 2023 03:32
Last Modified: 26 May 2023 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35722

Actions (login required)

View Item View Item