RAY PUTRI DYAH SULISTYORINI, 128506203027 (2023) PENGARUH TEMPAT TINGGAL, AKTIVITAS ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (404kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
Abstract
Ray Putri Dyah Sulistyorini, NIM. 128506203027, “Pengaruh Tempat Tinggal, Aktivitas Organisasi, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Akademik dan Non Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung, 2022. Dibimbing oleh Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I dan Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Tempat Tinggal, Aktivitas Organisasi, Lingkungan Belajar, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik Mahasiswa Latar belakang penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik dan non akademik mahasiswa. Hakikat mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah mengemban ilmu pengetahuan agar memproleh dan meningkatkan prestasi yang maksimal, sehingga kurang tepat jika seorang mahasiswa yang mengikuti kegiatan intra atau ekstra kampus memiliki prestasi dan pengetahuan yang minim. Dalam meningkatkan prestasinya, mahasiswa tentu tidak terlepas dari tempat tinggal, aktivitas organisasi, dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara tempat tinggal terhadap prestasi akademik mahasiswa, 2) Untuk mengetahui pengaruh antara tempat tinggal terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 3) Untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa, 4) Untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas organisasi terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 5) Untuk mengetahui pengaruh antara Lingkungan Belajar mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa, 6) Untuk mengetahui pengaruh antara Lingkungan Belajar terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 7) Untuk mengetahui pengaruh antara tempat tinggal, aktivitas organisasi dan Lingkungan Belajar mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa, 8) Untuk mengetahui pengaruh antara tempat tinggal, aktivitas organisasi dan Lingkungan Belajar mahasiswa terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 9) Untuk mengetahui pengaruh antara tempat tinggal, aktivitas organisasi dan Lingkungan Belajar mahasiswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Sampel Penelitian 8 kelas program studi Pendidikan 8 kelas program studi Pendidikan Agama Islam UIN Satu Tulungagung sebesar 290 responden. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data menggunakan analisis jalur path, analisis statistik deskriptif, dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Karakteristik berdasarkan tempat tinggal terbanyak tinggal di Kos/Kontrakan sebanyak dari pada tinggal di asrama/pondok dan tinggal di rumah orang tua. Pada uji parsial, diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara tempat tinggal terhadap prestasi akademik mahasiswa, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tempat tinggal terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 3) Karakteristik berdasarkan aktivitas organisasi terbanyak tidak aktif organisasi. Berdasarkan penyebaran angket, diketahui bahwa reponden cenderung menjawab setuju dengan pernyataan “kurang aktif dalam berorganisasi dan lebih fokus belajar di kelas”. Pada uji parsial diketahui, terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas organisasi terhadap prestasi akademik mahasiswa Terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas organisasi terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 4) Berdasarkan analisis data, pada penyebaran angket diketahui bahwa reponden cenderung menjawab setuju pada pernyataan “Hubungan antara mahasiswa dengan dosen sebagai dukungan prestasi akademik”. Pada uji parsial, diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa, 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 7) Secara simultan ada pengaruh yang signifikan antara tempat tinggal, aktivitas organisasi dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi non akademik mahasiswa, 8) Berdasarkan analisis data jalur PATH, bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh terbesar terhadap prestasi non akademik dari pada tempat tinggal dan aktivitas organisasi. Kemudian pada jalur berikutnya, dapat dipahami bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh terbesar terhadap prestasi akademik dari pada tempat tinggal dan aktivitas organisasi. Secara bersama-sama terdapat pengaruh antara tempat tinggal, aktivitas organisasi, dan lingkungan belajar terhadap prestasi akademik dan non Akademik mahasiswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 128506203027 RAY PUTRI DYAH SULISTYORINI |
Date Deposited: | 29 May 2023 01:41 |
Last Modified: | 29 May 2023 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35762 |
Actions (login required)
View Item |