PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ROUDHOTUN NA’IM, 2814123136 (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUAKAN.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Roudhotun Na’im, NIM. 2814123136, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Fenomena kurang maksimalnya proses pembelajaran siswa di sekolah disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dimana kegiatan pembelajaran masih terfokus pada guru, sehingga para siswa sering merasa bosan dan terkadang acuh dengan penjelasan guru ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Siswa hanya duduk diam, melihat, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaiakan oleh guru. Akhirnya proses pembelajaran di kelas tidak membekas dan tidak bermakna, pemahaman materi berkurang, dan puncaknya hasil belajar akan menurun. Oleh sebeb itu, diperlukan sebuah inovasi pembelajaran yang mengaktifkan siswa agar hasil belajarnya meningkat. Model pembelajaran tersebut, yaitu model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan NHT(Numbered Head Together) di MTsN Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan, yaitu kelas VII-H yang berjumlah 40 anak sebagai kelas eksperimen Numbered Head Together dan kelas VII-I yang berjumlah 39 anak sebagai kelas eksperimen Think Pair Share. Sehingga sampel keseluruhan berjumlah 79 siswa. Teknik pengambilan data yaitu dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan NHT(Numbered Head Together) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus t-test berbantuan program SPSS 17.0 dan taraf signifikan 5% diperoleh hasil thitung = 3,192 ˃ ttabel = 0,002 berarti H_O ditolak dan H_1 diterima. Sehingga apabila terima H_1 maka menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII antara yang diajar dengan model pembelajaran tipe TPS dan NHT di MTsN Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123136 ROUDHOTUN NA’IM
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:13
Last Modified: 30 Jan 2017 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item View Item