PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN

ANITA NUR SAFITRI, 12210183022 (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE SUGESTI-IMAJINASI MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS XI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Anita Nur Safitri, NIM 12210183022, pembimbing Dian Risdiawati, M.Pd. Skripsi dengan judul Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Melalui Metode Sugesti-Imajinasi Media Lagu pada Siswa Kelas XI SMK ISLAM 1 Durenan. disusun sebagai tugas akhir menempuh pendidikan Prodi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci: Peningkatan, Kemampuan menulis cerpen, Metode sugesti- imajinasi, Media lagu Kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK ISLAM 1 Durenan dalam kategori masih rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil praobservasi yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kegiatan menulis dianggap sulit oleh siswa sehingga pembelajaran menulis kurang efisien dalam implementasinya dan menyebabkan nilai siswa dibawah kriteria ketuntasan minimal. Dalam hal ini, peneliti berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia untuk menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu supaya siswa menjadi lebih termotivasi untuk menulis, khususnya dalam pembelajaran menulis cerpen. Metode sugestiimajinasi media lagu merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan bantuan media lagu supaya siswa dapat mengembangkan imajinasinya secara leluasa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis melalui metode sugesti-imajinasi media lagu pada siswa kelas XI SMK ISLAM 1 Durenan Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus berdasarkan dengan tahapan-tahapannya. Adapun tahapan penelitian tersebut meliputi, perencanaan, tindakan, evaluasi dan observasi, serta refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan data dari guru, terdapat hasil penelitian terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa melalui metode sugestiimajiansi media lagu pada kelas XI SMK ISLAM 1 Durenan. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa dan persentase klasikal siswa kelas XI MM-2 mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa mencapai rata-rata sebesar 76,80 dengan persentase klasikal sebesar 63,60%. Sedangkan pada siklus II, siswa mencapai rata-rata sebesar 80,9 dengan persentase klasikal sebesar 85,15%. Hasil observasi sikap siswa terhadap aktivitas belajar menggunakan metode sugesti-imajinasi media lagu dapat meningkatkan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi antara siklus I dan siklus II yang mengalami perubahan signifikan, yaitu sebesar 26,4% dari siklus I sebesar 63,6% menjadi 90%. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sugesti-imajinasi media lagu dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK ISLAM 1 Durenan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: S1 12210183022 ANITA NUR SAFITRI
Date Deposited: 29 May 2023 06:55
Last Modified: 29 May 2023 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35786

Actions (login required)

View Item View Item