STRATEGI EKSPOSITORI DAN DRILL DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPQ ASY-SYAFA’AT SUKOREJO REJOSO NGANJUK

AISYATUL MARDHIYAH, 12201183424 (2023) STRATEGI EKSPOSITORI DAN DRILL DALAM PEMBELAJARAN ILMU TAJWID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANTRI DI TPQ ASY-SYAFA’AT SUKOREJO REJOSO NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi sekarang ini banyak orang tua yang cenderung lebih memperhatikan Pendidikan formal dibandingkan Pendidikan non-formal untuk putra-putrinya. Termasuk salah satunya yaitu pendidikan tentang ilmu pengetahuan agama utamanya dalam hal mempelajari Al-Qur‟an. Padahal sudah banyak dalil yang membuktikan dan juga memerintahkan kepada umat islam untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat. Dengan adanya pemikiran orang tua yang seperti itu, maka untuk sekarang ini bisa dipastikan bahwa pendidikan agama kurang mendapat perhatian, sehingga dapat menyebabkan anak-anak menjadi kurang dalam membaca al-qur‟an. Jika dirasa kemampuan membaca Al-Qur‟an masih kurang maka perlu untuk ditingkatkan lagi kemampuan membaca Al-Qur‟annya. Untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an dalam pembelajaran ilmu tajwid guru di TPQ Asy-syafa‟at menggunakan strategi ekspositori dan drill. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana gambaran umum pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asy-syafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk? (2) bagaimana tahapan-tahapan pelaksanaan pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asy-syafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk? (3) bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asy-syafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran umum untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asysyafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk, tahapan-tahapan untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asy-syafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk, faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill untuk meningkatkan kemampuan membaca al-qur‟an pada santri di TPQ Asy-syafa‟at Sukorejo Rejoso Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil Penelitian (1) gambaran umum pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill: Guru ilmu tajwid menyampaikan materi secara verbal, untuk didengarkan oleh para santri, kemudian difahami agar santri dapat menguasai materi dengan baik. Kemudian setelah menyampaikan materi guru memberi tugas latihan soal dan juga pratik menghafal materi yang sudah disampaikan dengan cara santri maju ke depan satu persatu. (2) tahapan-tahapan pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill: guru mempersiapkan untuk memilih media cetak yang tepat sesuai kebutuhan untuk digunakan sebagai bahan ajar., guru menyajikan materi dengan cara menuliskan materi dipapan tulis dan mendekte santri, kemudian menjelaskan secara rinci, memberi contoh, dan memberi tugas untuk mencari dan menemukan contoh hukum bacaan di dalam al-qur‟an terkait materi yang telah disampaikan., guru menjelaskan bahwa ilmu tajwid itu dipelajari untuk membaca Al-Qur‟an. Jadi, ketika kita membaca al-qur‟an setiap saat kita harus membacanya sesuai dengan kaidah tajwidnya., guru meringkas inti pokok materi dari bahan ajar yang digunakan kemudian ditulis dipapan tulis maupun disampaikan langsung secara verbal kepada santri., santri menerapkan materi ilmu tajwid yang telah disampaikan oleh guru ketika sedang setoran, praktek sholat, maupun khotmil qur‟an santri harus membaca al-qur‟an sesuai dengan kaidah tajwid. (3) faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran ilmu tajwid melalui strategi ekspositori dan drill: faktor penghambat diantaranya, kurangnya motivasi dan minat belajar, kurangnya buku-buku tentang materi ilmu tajwid, lingkungan sekitar yang kurang mendukung, dan juga alokasi waktu yang hanya satu jam. faktor pendukung strategi ekspositori dan drill dalam pembelajaran ilmu tajwid: sikap kemauan santri yang berdampak pada motivasi dan minat santri dalam belajar. Guru yang berkompeten dibidangnya masing-masing, lingkungan sekitar yang mendukung, dan sarana pra sarana yang memadahi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183424 AISYATUL MARDHIYAH
Date Deposited: 29 May 2023 03:51
Last Modified: 29 May 2023 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35808

Actions (login required)

View Item View Item