NADIFA NUR FATJRIN, 12208193090 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANYFLIP MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Anyflip Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Nadifa Nur Fatjrin, NIM. 12208193090, pembimbing Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Pengembangan, E-Modul, Anyflip, Sistem Ekskresi, Motivasi Belajar Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran pada MAN 3 Tulungagung terutama dalam materi sistem ekskresi masih menggunakan cara konvensional,sehingga mengakibatkan motivasi belajar siswa rendah. Materi sistem ekskresi dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, karena materi yang terlalu banyak sehingga membuat siswa kesulitan menguasai keseluruhan materi. Selain itu, minimnya bahan ajar biologi kelas XI MAN 3 Tulungagung berdasarkan analisis kebutuhan yang kurang menarik dan terkesan biasa saja hingga membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut dan dapat membantu peserta didik dalam menguasai materi tersebut, perlu adanya suatu bahan ajar yang variative yang dapat memberikan pemahaman lebih tentang materi dan tentunya sesuai dengan kondisi sekolah. Sehingga peneliti mengembangkan E-Modul berbasis Anyflip pada mata pelajaran biologi materi sistem ekskresi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-modul berbasis anyflip yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung, (2) Mendeskripsikan kevalidan bahan ajar e-modul berbasis anyflip yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung, (3) Mendeskripsikan kepraktisan bahan ajar e-modul berbasis anyflip untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung, (4) Mendeskripsikan keefektifan bahan ajar e-modul berbasis anyflip untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA MAN 3 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), design (perencanaan), development (pengembangan), implementation (implementasi),evaluation (evaluasi). Sampel penelitian ini yakni peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 3 Tulungagung. Desain uji coba pada penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk “One Groups Pretest-Posttest Design”, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan. Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan tes (pretest dan posttest). Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif (diperoleh dari kritik dan saran validator terhadap produk yang dikembangkan dan deskripsi keterlaksanaan uji coba produk) dan data kuantitatif (diperoleh dari hasil analisis kebutuhan, skor validasi dan nilai pretest-posttest yang dirubah dari kualitatif menjadi kuantitatif). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) E-Modul berbasis Anyflip materi sistem ekskresi kelas XI yang ada pada E-Modul memiliki komponen yang terdiri dari lima bagian, yaitu bagian pendahuluan, kegiatan belajar, evaluasi dan kunci jawaban, glosarium serta daftar pustaka. Setiap kegiatan belajar meliputi rumusan kompetensi dasar (KD) dan indikator, materi pokok, uraian materi berupa penjelasan, contoh dan ilustrasi-ilustrasi, rangkuman, tugas/latihan, tes mandiri, kunci jawaban, umpan balik (feedback). (2) Hasil validasi oleh 3 ahli materi memperoleh skor rata rata 66,67 dengan persentase 88,89% termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu revisi. Hasil validasi oleh 3 ahli media memperoleh skor rata rata 58 dengan persentase 89,2% termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu revisi. Sedangkan hasil validasi oleh guru pengajar biologi memperoleh skor 41 dengan persentase 91,1% termasuk dalam kategori sangat valid dan tidak perlu revisi. (3) Hasil uji keterbacaan siswa memperoleh nilai rata-rata 95,1 dengan persentase 82,7 temasuk dalam kategori sangat praktis. (4) Hasil nilai pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 54,83 dan nilai posttest sebesar 87,94, artinya tedapat perubahan yang mana nilai posttest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Selanjutnya dianalisis melalui aplikasi IBM SPSS Statistic 26 dengan menggunakan uji Paired Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 (p < 0,05) yang artinya terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal (Pre-test) dengan variabel akhir (Post-test). Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain Score yaitu 0,7136 (≥ 0,7) yang menunjukkan bahwa kategori yang diperoleh “Tinggi”. Sedangkan N-Gain Persen yaitu 71,3587%, maka tafsirannya “Efektif”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193090 Nadifa Nur Fatjrin |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:45 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35813 |
Actions (login required)
View Item |