ASUWAN DISUY, 17210153033 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
Abstract
ABSTRAK Asuwan, 2021. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sumbergempol. Skripsi Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatul Tulungagung. Pembimbing, Prof. Dr.Muhammad Jazeri, S. Ag. M.Pd. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Guru Bahasa Indonesia, Siswa Strategi Pembelajaran merupakan rangkaian atau rencana kegiatan pembelajaran termasuk juga penggunaan metode dan penmanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan adanya berbagai jenis strategi, maka pentingnya guru dalam memilih strategi yang tepat dan mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan strategi yang sesuai dengn kondisi siswa yang tertentu. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu 1) Untuk mendeskripsikan Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. 2) Untuk mendeskripsikan manfaat strategi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sumbergempol 2 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunaka analisis data deskriptif kualitatif model interaktif Miles dan Micheal Huberman yang terdiri dari 3 jalur kegiatan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan pemeriksaan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) guru menggunakan strategi yang fleksibel. Strategi fleksibel yakni menyesuaikan dengan kondisi siswa. Selain itu terdapat dua strategi yang sering digunakan yakni strategi tanya jawab dan discovery learning. 2) Kedua stretegi tersebut juga memiliki manfaat dalam pembelajaran. Manfaat tersebut secara garisbesar adalah membuat pembelajaran menjadi hidup, meningkatkan minat siswa, meningkatkan daya berpikir kritis siswa, dan menggali potensi yang dimiliki siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210153033 ASUWAN DISUY |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:29 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35815 |
Actions (login required)
View Item |