PERANAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA SMP NEGERI 1 PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan)

ROSA AMALIA, 12209193057 (2023) PERANAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMINIMALISIR PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA SMP NEGERI 1 PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Skripsi berjudul “Peranan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meminimalisir Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan)”, ini ditulis oleh Rosa Amalia, NIM 12209193057, dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd Kata Kunci: Guru IPS, Perilaku Agresif Verbal Perkembangan remaja ditandai dengan adanya beberapa tingkah laku, baik tingkah laku suka melawan, gelisah, periode labil sering kali melanda. Salah satu hal serius yang ditimbulkan perilaku-perilaku tersebut adalah munculnya tindakan agresif verbal. Itulah sebabnya diperlukan peranan guru IPS yang berperan agar siswa mampu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik melalui pembelajaran IPS. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran?. (3) Bagaimana dampak positif dan negatif keterlibatan guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran Kabupaten Lamongan?. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran.(3) Untuk mengetahui dampak positif dan negatif keterlibatan guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa SMP Negeri 1 Paciran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi: (1) peran guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa terdiri dari guru sebagai (a)pendidik dan pengajar, (b) mediator atau sumber belajar dan fasilitator, (c) model dan teladan. (d) motivator, (e) pembimbing dan evaluator. (2) faktor pendorong dan penghambat guru IPS dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa terdiri dari (a) faktor pendorong yang terbagi menjadi faktor internal berupa hubungan sekolah, dukungan guru, peraturan dan tata tertib sekolah, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua siswa. (b) faktor penghambat berasal dari faktor internal tersebut berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari orang tua siswa, lingkungan, teknologi dan sosial media. (3) dampak positif dan negatif peranan guru dalam meminimalisir perilaku agresif verbal siswa meliputi: (a) Dampak positif berupa perilaku agresif verbal dapat diminati. (b) dampak negatif berupa peranan guru memerlukan waktu yang cukup lama dan masih ditemui sebagian siswa yang masih melakukan tindakan agresif verbal ketika diluar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193057 ROSA AMALIA
Date Deposited: 29 May 2023 05:14
Last Modified: 29 May 2023 05:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item