RINGGA FATMA HARDYANI, 128512203034 (2023) PENALARAN MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MOJO KEDIRI. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
Abstract
Tesis dengan judul “Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri” di tulis oleh Ringga Fatma Hardyani, NIM. 128512203034 dengan Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. dan Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran matematis, Pemecahan Masalah, field dependent, field independent Penalaran merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penalaran adalah suatu proses berpikir untuk menarik kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang berdasarkan pada penyataan sebelumnya dan telah dibuktikan kebenarannya. Pemecahan masalah adalah suatu pemikiran yang terarah secara langsung untuk menemukan suatu solusi/jalan keluar untuk suatu masalah yang spesifik Gaya kognitif merupakan karakteristik individu dalam menerima, menyimpan maupun menggunakan informasi untuk menanggapi suatu tugas atau menanggapi berbagai jenis situasi lingkunganya. Gaya kognitif field dependent adalah individu yang bersifat global, individu yang memfokuskan pada lingkungan secara keseluruhan, didomiasi atau dipengaruhi lingkungan. Gaya kognitif field independent adalah individu yang bersifat analitik, individu yang memisahkan lingkungan ke dalam komponenkomponennya, kurang bergantung pada lingkungan atau kurang dipengaruhi oleh lingkungan. Tujuan Penelitian ini terbagi menjadi dua hal, yaitu; 1) mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri, 2) mendeskripsikan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus, pengumpulan data dengan tes, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan dari penelitian peneliti menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam pemecahan masalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri, yaitu subjek mampu memenuhi indikator penalaran matematis dalam pemecahan masalah, kecuali pada tahap mengevaluasi penyelesaian (reflecting) dalam melakukan pengecekan kembali (checking). 2) Penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam pemecahan masalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mojo Kediri, subjek mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis dalam pemecahan masalah,dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | S1 17204163052 RINGGA |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:45 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35843 |
Actions (login required)
View Item |