PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MEDIA PAPAN CACAH GORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RIZALATUL FALAH, 2814123024 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN MEDIA PAPAN CACAH GORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Cover Luar.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
2. Bagian Awal Lengkap.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
4. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB VI PENUTUP.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Media Papan Cacah Gori Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Rizalatul Falah, NIM. 2814123024, yang dibimbing oleh Maryono, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Media Papan Cacah Gori, Hasil Belajar Matematika, Materi Segiempat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan bagi sebagian besar siswa. Selain itu guru dalam mengajar cenderung menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa hanya belajar mengenai materi melalui hafalan. Melalui hafalan, siswa akan menemukan penguasaan materi pengetahuan atau fakta-fakta tanpa memperoleh arti terhadap pengetahuan tersebut. Sehingga dia hanya akan menguasai hal itu secara verbal tanpa mengetahui makna sebenarnya. Hal-hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran yang baru agar siswa dapat temotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satunya dengan model pembelajaran guided inquiry. Dalam pembelajaran guided inquiry, siswa lebih banyak melakukan kegiatan sendiri atau dalam bentuk kelompok memecahkan masalah. Siswa sungguh dilibatkan untuk berfikir aktif dan menemukan pengertian yang ingin diketahuinya. Apalagi ditunjang dengan adanya media berupa papan cacah gori yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengkonstruk pemahaman mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) “Apakah ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry dengan media papan cacah gori terhadap hasil belajar matematika materi segiempat siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?”, (2) “Berapa besar pengaruh model pembelajaran guided inquiry dengan media papan cacah gori terhadap hasil belajar matematika materi segiempat siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?” Adapun tujuan penelitian ini adalah: “Untuk menjelaskan pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran guided inquiry dengan media papan cacah gori terhadap hasil belajar matematika materi segiempat siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu (Quasi Experiment), teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-H dan VII-I. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman observasi, pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Kemudian untuk mengetahui besar pengaruhnya menggunakan perhitungan cohen’s effect size. Hasil perhitungan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran guided inquiry dengan media papan cacah gori dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung=5,5054≥t_tabel=1,66342 pada db=83 dan taraf signifikan 5%. Kemudian berdasarkan perhitungan, kelas eksperimen mempunyai nilai rata–rata kelas sebesar 83,67 atau μ_1=83,67 dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata kelas sebesar 71 atau μ_2=71. Karena μ_1>μ_2, maka dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Media Papan Cacah Gori terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry dengan media papan cacah gori terhadap hasil belajar matematika materi segiempat siswa kelas VII MTs Negeri Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 adalah 88% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd.I 2814123024 Rizalatul Falah
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:57
Last Modified: 28 Oct 2016 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3586

Actions (login required)

View Item View Item