SITI AFRILATULKHUSNA, 12207193111 (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus di MTs Negeri 4 Trenggalek). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Negeri 4 Trenggalek)”. Skripsi ini di tulis oleh Siti Afrilatulkhusna, NIM 12207193111, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Motivasi Belajar Siswa Penelitian ini membahas tentang manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 4 Trenggalek. Keberadaan sarana dan prasarana sangat penting di dalam sebuah lembaga pendidikan karena untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah. Maka sarana dan prasarana ini perlu di kelola dengan dilakukannya manajemen sarana dan prasarana yang baik. Penerapan manajemen sarana dan prasarana ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengupayakan pengelolaan sarana dan prasarana sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, maka dibutuhkan manajemen sarana dan prasarana yang baik dalam pengelolaannya mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, serta pemeliharaannya. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 4 Trenggalek, (2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 4 Trenggalek, (3) Bagaimana penggunaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 4 Trenggalek, dan (4) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Negeri 4 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang mana pada penyajian datanya dilakukan dengan cara mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan bahasa yang berkaitan dengan manajemen sarana dan prasarana di MTs Negeri 4 Trenggalek. Data didapat dari narasumber yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, guru, staf tata usaha, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, menggunakan bahan referensi, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan sarana dan prasarana dilakukan paling tidak sekali dalam satu tahun dengan analisis kebutuhan, menentukan skala prioritas dengan menyesuaikan anggaran/dana dalam DIPA yang dimiliki sekolah, sampai dengan menetapkan dan menyusun rencana pengadaan kebutuhan sarana dan prasarana yang akan diajukan ke pusat melalui aplikasi SAKTI untuk disetujui. (2) Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara membeli, meminjam, bekerja sama dengan pihak lain, dan dalam bentuk hadiah. Sumber dana pengadaan berasal dari dana BOS. (3) Penggunaan sarana dan prasarana sesuai dengan jadwal yang ada. Dan untuk meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman siswa, penggunaan alat atau media pembelajaran disesuaikan dengan materi pelajaran yang sedang disampaikan. (4) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan menentukan penanggung jawab setiap ruangan untuk merawat fasilitas yang ada. Pemeliharaan dilakukan melalui pengecekan, perawatan, dan perbaikan baik itu secara rutin maupun berkala. Dengan terpeliharanya sarana dan prasarana sekolah, siswa menjadi nyaman dalam pembelajaran sehingga menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193111 Siti Afrilatulkhusna |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:01 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35886 |
Actions (login required)
View Item |