AYU CANDRA NURIZA AGUSTIN, 12204193226 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII MTsN 10 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (671kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Pemberian Scaffolding pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII MTsN 10 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023”, ini ditulis oleh Ayu Candra Nuriza Agustin, NIM 12204193226, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : analisis kesalahan newman, soal cerita, spldv, scaffolding. Bagi siswa penguasaan kemampuan dalam mengerjakan suatu persoalan matematika berbentuk soal cerita sangatlah penting. Sebagian besar siswa MTsN 10 Blitar melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesalahan tersebut banyak terjadi karena siswa kurang begitu memahami maksud dari soal cerita tersebut, sehingga siswa banyak melakukan kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika dan siswa juga banyak melakukan kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. Maka dari itu, scaffolding sangat perlu dilakukan agar pencapaian siswa ke jenjang yang lebih tinggi menjadi maksimal dan dapat meminimalisisr terjadinya kesalahan pada siswa saat menyelesaikan soal cerita materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa MTsN 10 Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV menggunakan analisis kesalahan newman, kemudian memberikan solusi kepada siswa dengan pemberian scaffolding untuk mengatasi kesalahan yang telah dilakukan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VIII B MTsN 10 Blitar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes soal cerita materi SPLDV, wawancara mendalam dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam wawancara berdasarkan teori analisis kesalahan Newman, selanjutnya pemberian scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu: 1) comprehension error 2) process skills error 3) encoding. Pada kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap pemahaman (comprehension error) bentuk scaffolding yang diberikan yaitu dorongan memilih model yang tepat maupun proses pengerjan yang benar dan memberi penjelasan dari kata-kata maupun kalimat yang susah dipahami oleh subjek. Pada kesalahan kemampuan proses (process skill error), bentuk scaffolding yang diberikan yaitu meminta siswa untuk mengoreksi kembali perhitungannya dan menjelaskan kepada siswa mengenai langkah-langkah yang benar dalam menyelesaikan soal tersebut . Untuk tahapan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error), bentuk scaffolding yang diberikan adalah meminta siswa untuk mengecek kembali pekerjaannya dan menjelaskan kepada siswa mengenai langkah-langkah yang benar dalam menyelesaikan soal tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193226 Ayu Candra Nuriza Agustin |
Date Deposited: | 31 May 2023 03:12 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35902 |
Actions (login required)
View Item |