ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII MTsN 10 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023

AYU CANDRA NURIZA AGUSTIN, 12204193226 (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN DAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII MTsN 10 BLITAR TAHUN AJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Pemberian Scaffolding pada Materi SPLDV Siswa Kelas VIII MTsN 10 Blitar Tahun Ajaran 2022/2023”, ini ditulis oleh Ayu Candra Nuriza Agustin, NIM 12204193226, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci : analisis kesalahan newman, soal cerita, spldv, scaffolding. Bagi siswa penguasaan kemampuan dalam mengerjakan suatu persoalan matematika berbentuk soal cerita sangatlah penting. Sebagian besar siswa MTsN 10 Blitar melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kesalahan tersebut banyak terjadi karena siswa kurang begitu memahami maksud dari soal cerita tersebut, sehingga siswa banyak melakukan kesalahan dalam mengubah soal cerita ke dalam model matematika dan siswa juga banyak melakukan kesalahan dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. Maka dari itu, scaffolding sangat perlu dilakukan agar pencapaian siswa ke jenjang yang lebih tinggi menjadi maksimal dan dapat meminimalisisr terjadinya kesalahan pada siswa saat menyelesaikan soal cerita materi SPLDV. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan siswa MTsN 10 Blitar dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV menggunakan analisis kesalahan newman, kemudian memberikan solusi kepada siswa dengan pemberian scaffolding untuk mengatasi kesalahan yang telah dilakukan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 3 siswa kelas VIII B MTsN 10 Blitar. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes soal cerita materi SPLDV, wawancara mendalam dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam wawancara berdasarkan teori analisis kesalahan Newman, selanjutnya pemberian scaffolding. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu: 1) comprehension error 2) process skills error 3) encoding. Pada kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap pemahaman (comprehension error) bentuk scaffolding yang diberikan yaitu dorongan memilih model yang tepat maupun proses pengerjan yang benar dan memberi penjelasan dari kata-kata maupun kalimat yang susah dipahami oleh subjek. Pada kesalahan kemampuan proses (process skill error), bentuk scaffolding yang diberikan yaitu meminta siswa untuk mengoreksi kembali perhitungannya dan menjelaskan kepada siswa mengenai langkah-langkah yang benar dalam menyelesaikan soal tersebut . Untuk tahapan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error), bentuk scaffolding yang diberikan adalah meminta siswa untuk mengecek kembali pekerjaannya dan menjelaskan kepada siswa mengenai langkah-langkah yang benar dalam menyelesaikan soal tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193226 Ayu Candra Nuriza Agustin
Date Deposited: 31 May 2023 03:12
Last Modified: 31 May 2023 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35902

Actions (login required)

View Item View Item