ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

QONITA NUR AINI ASTUTI, 12204183206 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Aljabar Kelas XI SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Qonita Nur Aini Astuti, NIM 12204183206, Pembimbing Miswanto, M.Pd Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematis , Limit Fungsi Aljabar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang masih mengalami kesulitan memahami konsep matematis pada materi limit fungsi aljabar. Padahal kita ketahui bahwa materi limit fungsi aljabar adalah materi lanjutan, artinya materi limit fungsi memiliki kaitan dengan materi-materi sebelumnya sehingga akan sangat berpengaruh terhadap penguasaan materi tersebut. Jika siswa sudah memiliki pemahaman konsep matematis yang baik, nantinya akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami pokok bahasan yang akan dipelajari selanjutnya. Indikator pemahaman konsep matematis adalah menyatakan ulang sebuah konsep , mengklasifikasi objek-objek menurut sifat tertentu dan menggunakan, memanfaatkan, serta memilih prosedur tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman konsep siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Rejotangan, 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman konsep siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Rejotangan, 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman konsep siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar pada siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Rejotangan semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dan sebagai sumber data 3 siswa dari 27 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah –langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan dengan cara : 1) menyajikan data, 2) membandingkan data hasil tes dengan wawancara yang dilakukan terhadap siswa, dan 3) menyimpulkan data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi dua indikator yakni mengklasifikasi objek menurut sifat tertentu dan mengamati, memanfaatkan serta memilih prosedur tertentu, 2) Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi satu indikator yakni menyatakan ulang konsep, 3) Kemampuan pemahaman matematis siswa dengan kemampuan matematika rendah dapat memenuhi dua indikator yakni menyatakan ulang konsep dan mengklasifikasi objek-objek menurut sifat tertentu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183206 Qonita
Date Deposited: 31 May 2023 06:27
Last Modified: 31 May 2023 06:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35925

Actions (login required)

View Item View Item