IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE- TIER TEST PADA MATERI ASAM BASA SISWA KELAS XII DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI

DHOHAN FIRDAUS CHANIA GOLLA, 12212183078 (2023) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN INSTRUMEN THREE- TIER TEST PADA MATERI ASAM BASA SISWA KELAS XII DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Instrumen Three-Tier Test Pada Materi Asam Basa Siswa Kelas XII di MA Darul Hikmah Tawangsari ditulis oleh Dhohan Firdaus Chania Golla, NIM. 12212183078, dengan pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M. Pd. Kata Kunci: asam basa, miskonsepsi, three tier test. Siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia, sehingga seringkali mereka membuat penafsiran sendiri sesuai dengan prakonsepsi mereka. Namun, prakonsepsi yang diciptakan adakalanya tidak sesuai dengan konsep yang benar (miskonsepsi). Miskonsepsi sering terjadi pada pembelajaran kimia, salah satunya pada materi asam basa. Oleh sebab itu, miskonsepsi yang terjadi pada siswa perlu untuk diidentifikasi yang dapat dilakukan dengan instrumen three-tier test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi materi asam basa serta mengetahui subkonsep dalam materi asam basa yang menjadi miskonsepsi terbesar dan penyebab terjadinya miskonsepsi materi asam basa yang ditemukan pada siswa kelas XII di MA Darul Hikmah Tawangsari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 35 siswa kelas XII MA Darul Hikmah Tawangsari. Hasil uji validitas ada 19 soal valid dari 40 soal dan reabilitas dari instrumen penelitian sebesar 0, 92. Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dengan menggunakan instrumen three-tier test yang terdiri atas 24 butir soal dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Soal yang digunakan mencakup 6 sub-konsep dalam konsep asam basa, yaitu konsep asam basa, peranan asam basa dalam kehidupan sehari-hari, kesetimbangan ion dalam larutan asam basa, pH asam basa, indikator asam basa, dan reaksi asam basa. Soal yang digunakan juga melibatkan tiga level representasi yaitu makroskipik, sub-mikroskopik, dan simbolik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, sebanyak 21% (dalam rata-rata keseluruhan miskonsepsi yang ditemukan) dari 35 subjek penelitian mengalami miskonsepsi pada materi asambasa di sub-konsep yang berbeda-beda. Menurut hasil analisis jawaban siswa, siswa mengalami miskonsepsi terbesar pada sub konsep pH asam basa, yaitu dengan rata-rata sebesar 68,5%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hasil data dengan siswa yang memahami konsep 65,4%, mengalami lack of knowledge sebesar 11,7%, eror sebesar 2%, dan miskonsepsi 21%. Adapun faktor terjadinya miskonsepsi berasal dari faktor internal dan eksternal dari siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212183078 Dhohan Firdaus Chania Golla
Date Deposited: 31 May 2023 06:51
Last Modified: 31 May 2023 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35928

Actions (login required)

View Item View Item