WILUJENG HANDAYANI PRAYITNO, 17205163130 (2023) PEMBELAJARAN DARING MELALUI SOSIAL MEDIA WHATSAPP GROUP PADA MASA PANDEMI COVID-19 OLEH GURU KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL IFADAH KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Wilujeng Handayani Prayitno, NIM. 17205163130. Pembelajaran Daring Melalui Sosial media WhatsApp Group Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Sosial media WhatsApp Group, Pandemi Covid-19. Pembelajaran daring dinilai sebagai solusi yang tepat di tengah wabah Covid-19 dan dapat memberikan metode pembelajaran yang efektif serta menjadi alternatif yang baik dan menawarkan kemudahan dalam belajar. Sosial media WhatsApp Group salah satu media yang efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran daring. Melalui WhatsApp Group membuktikan bahwa menyebarkan materi bisa dengan mudah dilakukan sehingga berdampak positif pada kesuksesan pembelajaran terutama di MI Al Ifadah Kaliwungu. Fokus penelitian ini adalah 1) Mekanisme pembelajaran daring melalui sosial media WhatsApp Group pada masa pandemi Covid-19. 2) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam Pembelajaran Daring Melalui Sosial media WhatsApp Group pada masa pandemi Covid-19. 3) Solusi mengatasi hambatan yang dihadapi dalam Pembelajaran Daring Melalui Sosial media WhatsApp Group pada masa pandemi Covid-19. sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mekanisme, Faktor penghambat dan pendukung, dan solusi Pembelajaran Daring Melalui Sosial media WhatsApp Group pada masa pandemi Covid-19 oleh guru kelas II di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi, dengan teknik analisis data menggunakan langkahlangkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Mekanisme pembelajaran daring melalui sosial media WhatsApp Group melalui perencanaan (menyiapkan silabus dan RPP daring), pelaksanaan (Penyampaian materi; dengan dikirim melalui pesan teks dalam group, melalui vidio dan voice note), dan evaluasi (penugasan, kemudian dikerjakan dan dikumpulkan melalui WhatsApp Group). 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu permasalahan jaringan yang kurang stabil, Guru yang kurang menguasai teknologi, Orang tua yang kurang berperan dalam mendampingi belajar anak. Faktor pendukungnya adalah perang orang tua. 3) Solusi mengatasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring melalui media sosial WhatsApp Group adalah sekolah menyediakan komputer atau leptop, dan akses jaringan internet (wifi) dan sekolah berkomunikasi dan menjalin kerja sama dengan orang tua atau wali murid untuk mendatangi siswa yang mengalami kesulitan sinyal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Media Sosial Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 17205163130 Wilujeng Handayani Prayitno |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:06 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35969 |
Actions (login required)
View Item |