DWI AMITA NOVIARWATI, 12210183124 (2023) IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI NASIONAL DI SMPN 1 BAKUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (586kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (21kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) | Preview |
Abstract
Literasi adalah suatu program yang perlu diterapkan sebagai bentuk penuntasan buta aksara melalui suatu program yang disebut dengan Gerakan Literasi Nasional (GLN). Gerakan ini merupakan suatu usaha untuk mensinergikan seluruh potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi, baik pada ranah pendidikan, keluarga, maupun masyarakat. Literasi merupakan hal mendasar dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, penerapan GLN di lembaga pendidikan perlu diwujudkan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Bakung. Sekolah tersebut merupakan lembaga pendidikan yang telah menerapkan kegiatan literasi secara konsisten dan sekaligus menjadi sekolah percontohan di wilayah Blitar selatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, proses, dan evaluasi dari penerapan GLN di SMPN 1 Bakung tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi koordinator dari tim pengembang literasi dan siswa kelas VIII SMPN 1 Bakung.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat hasil penelitian bahwa SMPN 1 Bakung telah melaksanakan literasi sesuai dengan pedoman GLN. SMPN 1 Bakung melaksanakan literasi dalam tiga tahap, yakni perencanaan, proses, dan evaluasi. Perencanaan literasi di SMPN 1 Bakung meliputi rapat koordinasi, pembentukan Tim Literasi Sekolah, Sosialisasi, dan persiapan sarana prasarana penunjang kegiatan literasi. Selanjutnya, pada proses penerapan literasi dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Selain itu, sekolah juga melakukan kerja sama dengan pihak eksternal terkait peningkatan literasi di sekolah, literasi keluarga, dan masyarakat. Evaluasi dari penerapan literasi tersebut dilaksanakan dengan melakukan rapat koordinasi, merevisi program kerja yang kurang efektif diterapkan, dan melakukan penambahan program kerja dalam kurun waktu satu tahun sekali.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183124 DWI AMITA NOVIARWATI |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:32 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35973 |
Actions (login required)
View Item |