DIKI CHANDRA KIRANA, 12210183103 (2022) KREATIVITAS GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENGEMAS PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN SELOREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Guru Bahasa Indonesia di SMPN se-Kecamatan Selorejo menggunakan berbagai komponen pembelajaran untuk menunjang keberhasilan pembelajaran. Penggunaan model, pendekatan, metode, dan media disesuaikan dengan kondisi pendidikan yang mengutamakan keselamatan pelaku pendidikan akibat pandemi. Hal tersebut, membutuhkan kreativitas guru dalam mengemas pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang terdapat di smp yaitu, Bahasa Indonesia. Kretivitas guru bahasa Indonesia dibutuhkan selama proses pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil autentik selama magang di smp, pembelajaran teks berita dipilih untuk mengetahui kreativitas Guru Bahasa Indonesia SMPN se-Kecamatan Selorejo. Kreativitas guru dapat diketahui dengan prosedur penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara secara tersruktur yang berisi pertanyaan kreativitas guru. Data dari hasil wawancara diproses ke tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pola dari tahap tersebut, menghasilkan data yang jelas. Data kreativitas guru dipaparkan sesauai aspek kreativitas dan tahap pembalajaran dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru Bahasa Indonesia SMPN se-Kecamatan Selorejo membuat perangkat pembelajaran dalam kegiatan MPMP wilayah Timur. Tahap perencanaan ini, ditemukan empat sub aspek kreativitas yang dimiliki guru, yaitu kreatif dan orisinal dalam membuat perangkat pembelajaran, perangkat yang dibuat fleksibel dengan kondisi pembelajaran, serta kepribadian guru yang bertanggung jawab atas hasil dari perencanaan. Tahap pelaksanaan memuat semua sub aspek kreativitas dari hal pola pikir dan tidakan guru dalam pembelajaran. Guru Bahasa Indoenesia SMPN se-Kecamatan Selorejo memiliki kreativitas yang berbeda yang diakibatkan oleh pemahaman mengenai lingkungan ajar. Guru SMPN 1 memahami kondisi peserta didik dengan baik sedangkan Guru SMPN 2 masih kurang memahami kondisi peserta didiknya dikarenakan guru junior. Perbedaan tersebut membuat guru meiliki kreativitas yang berbeda dalam penggunaan pendekatan, metode, media. Tahap evaluasi yang dilakukan guru ditemukan kreativitas dalam mengatasi permasalahan yang muncul dari pembelajaran teks berita. Sub aspek kreativitas dalam tahap ini, berubungan dengan kelancaran pembelajaran teks berita dan cara menyelsaikan hambatan yang muncul dari faktor internal maupun eksternal. Secara keseluruhan, Guru Bahasa Indonesia SMPN se-Kecamatan Selorejo memiliki kreativitas masing-masing dalam pembelajaran teks berita.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183103 DIKI CHANDRA KIRANA |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35975 |
Actions (login required)
View Item |